People Innovation Excellence

Alternatif Model Manajemen Perubahan [Bagian 11]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Kebiasaan 1: Jadilah Proaktif

Menjadi proaktif lebih dari sekedar mengambil tindakan. Menurut Stephen Covey  kita bertanggung jawab tentang reaksi kita terhadap orang lain atau peristiwa, justeru  karena kita memiliki kemampuan untuk memilih secara sadar  menanggapi situasi apapun. Manusia dapat memikirkan semuanya dan tidak perlu terjebak  pada pola interaksi instingtif stimulus-respon sederhana ala Pavlov. Manusia mampu memilih respon proaktif ketimbang hanya  mengandalkan reaksi atau reflek naluriah. Artinya kita memiliki kebebasan untuk memilih tanggapan terhadap apa pun yang terjadi pada kita. Orang yang bertindak secara reaktif  sering menyalahkan orang lain atau hal-hal di luar diri mereka sendiri atas apa yang terjadi. Mereka tidak mengambil tanggung jawab atas apapun. Sementara orang-orang yang proaktif akan mengambil tanggung jawab atas pilihan reaksi mereka, dan mencoba belajar dari apa yang terjadi. Dalam hal ini, Stephen Covey memperkenalkan konsep “lingkaran kepedulian” dan “lingkaran pengaruh”. Stephen Covey mengatakan orang proaktif memfokuskan waktu dan energi mereka dalam lingkaran pengaruh. Seseorang harus mampu mengidentifikasi apa yang penting dan bisa mereka lakukan untuk  mempengaruhi masa depan mereka sendiri, ketimbang  menempatkan diri sebagai  pion di papan catur.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close