People Innovation Excellence

Alternatif Model Manajemen Perubahan [Bagian 12]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Kebiasaan 2: Begin with the end in mind

Mulailah  dengan pemahaman yang jelas terhadap tujuan kita  dan kemana kita akan pergi. Atau pastikan tangga kita bersandar pada dinding yang tepat sebelum memulai mendaki. Pernyataan tersebut  pada dasarnya bicara tentang perencanaan sehingga kita tahu posisi kita dan tidak tersita oleh kesibukan sehari-hari. Artinya kita perlu menyisihkan waktu untuk melihat gambaran yang lebih besar dan mengetahui rencana yang kita tuju, sehingga kita menjadi pribadi yang efektif. Pribahasa ” begin with the end in mind” untuk menggambarkan  bahwa segala sesuatu diciptakan dua kali. Menurut Stephen Covey bahwa segala sesuatu diciptakan dua kali, pertama di pikiran dan kemudian dalam kenyataan. Maka mulailah segala sesuatu dengan penciptaan pertama di benak kita. Jika kita hendak  membangun rumah, maka kita akan  merencanakan setiap detail dengan  gambar arsitek, dan merencanakan apa yang ingin kita wujudkan. Kita memulai  bekerja dengan pikiran dan  ide-ide sampai  mendapatkan gambaran yang jelas tentang apa yang kita ingin bangun. Begitu juga, sebelum kita pergi berlibur biasanya kita merencanakan perjalanan dengan sangat hati-hati sebelum menginjakkan kaki keluar pintu. Begitupun ketika kita hendak menyajikan presentasi bisnis kita akan menulis di atas kertas atau secara elektronik sebelum kita menyajikannya. Dalam hal ini, Stephen Covey menganjurkan untuk melakukan  perencanaan yang efektif dimulai dari  kehidupan pribadi sebagai suatu kebiasaan yang baik.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close