People Innovation Excellence

Alternatif Model Manajemen Perubahan [Bagian 15]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Kebiasaan 6: Bersinergi

Yang dimaksud dengan bersinergi menurut Steven Covey adalah:

  1. Efek gabungan dari interaksi dari dua orang atau lebih akan  lebih besar  dampaknya ketimbang jumlah  dari efek masing-masing.
  2. Interaksi kooperatif antara kelompok, misalnya dalam konteks bisnis, adalah interaksi antar  anak perusahaan yang diakuisisi atau gabungan dari sejumlah perusahaan, akan  menciptakan efek gabungan yang meningkat.

Sinergi berasal dari kata Yunani yang berarti synergos atau bekerja sama. Stephen Covey mengatakan, sinergi terjadi di mana-mana secara alami. Jika kita menanam dua tanaman berdekatan, maka akar dari kedua pohon tersebut akan bergabung  meningkatkan kualitas tanah sehingga tanaman akan tumbuh lebih baik daripada jika mereka dipisahkan. Jika kita menanam  dua potong kayu secara berdampingan, maka pohon tersebut  akan menyumbang  berat total lebih besar daripada berat yang dimiliki oleh masing-masing jika ditanam secara terpisah. Keseluruhan lebih besar daripada jumlah bagian-bagiannya. Satu ditambah satu sama dengan tiga atau lebih. Inilah pentingnya  kekuatan hubungan yang efektif. Hasil dari hubungan  antara orang atau kelompok secara keseluruhan menjadi lebih besar daripada jumlah bagian-bagiannya. Kita dapat  mencapai sesuatu yang  jauh lebih banyak ketika kita terlibat dalam hubungan yang efektif dengan orang lain daripada jika kita bertindak secara sendirian saja. Mencapai sinergi membutuhkan kepercayaan  dan kerjasama yang tinggi untuk mencapai solusi atau resolusi yang lebih baik daripada orang berpikir sendiri.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close