People Innovation Excellence

Alternatif Model Manajemen Perubahan [Bagian 16]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Kebiasaan 7: Sharpen the saw (Mengasah gergaji)

Kebiasaan ke 7 ini adalah bicara tentang merawat diri sendiri. Diri kita  adalah aset terbesar yang kita miliki dan kita harus belajar dan meyediakan  waktu untuk menjaga diri kita sendiri. Stephen Covey menyarankan agar kita memperhatikan empat bidang dalam kehidupan kita, yakni:

  1. Fisik: yang mencakup latihan, nutrisi, dan manajemen stres;
  2. Spiritual: yang mencakup nilai  dan komitmen, studi dan meditasi;
  3. Mental:  yang mencakup membaca, visualisasi, perencanaan, dan menulis; dan
  4. Sosial atau Emosional: yang mencakup pelayanan, empati, sinergi,  dan keamanan intrinsik.

Mungkin dalam kegiatan bekerja kita sehari-hari, kita sering menemui  seseorang yang  mengalami stres  ekstrim sampai ke titik ‘breakdown‘,  karena mereka pergi bekerja (bahkan kerja lembur) dan pulang hanya untuk makan dan tidur, untuk kemudian  pergi bekerja lagi keesokan harinya, sehingga mengalami kebosanan dan tekanan.  Padahal kita perlu merawat diri sendiri dengan berfokus pada empat bidang di atas. Orang sering mengeluh tidak punya waktu untuk mempertajam gergaji karena mereka terlalu sibuk menggergaji.  Situasi ini sering menjebak   sehingga kita lupa diri. Kita harus proaktif dan melakukan perawatan  untuk diri kita sendiri, dan tidak ada orang lain yang akan melakukannya untuk kita. Kita adalah instrumen kinerja kita sendiri, dan untuk menjadi efektif, kita perlu menyadari pentingnya meluangkan waktu secara teratur untuk mempertajam gergaji dalam  empat cara. Dengan demikian alangkah  pentingnya penyegaran dalam kehidupan kita, dan menganggap hal tersebut sebagai spiral pertumbuhan, perubahan, dan perbaikan yang terus-menerus.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close