People Innovation Excellence

Alternatif Model Manajemen Perubahan [Bagian 3]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Analisis Medan Kekuatan – Kurt Lewin

Analisis medan kekuatan dari  Kurt Lewin adalah alat strategik yang kuat digunakan untuk memahami apa yang dibutuhkan bagi perubahan, baik perubahan individual maupun organisasional.  Sebagai ilustrasi,  setiap hari tanpa sadar kita selalu butuh duduk dalam sebuah kursi. Salah satu yang mendorong kita duduk di kursi karena adanya  gravitasi yang mendorong duduk di kursi.  Namun  kursi itu sendiri merupakan kekuatan yang  melawan gravitasi yang  menghentikan kita agar tidak jatuh ke tanah.  Dengan demikian,  sementara kita dalam keadaan  duduk, maka kita berada dalam keadaan  ekuilibrium, yakni adanya dua kekuatan yang tetap berada di sana. Gravitasi dapat menarik tubuh ke bawah, sementara kursi mencegah atau menahannya,  serta menghentikan kita agar tidak terjatuh ke tanah. Jadi terdapat kekuatan yang sama, yakni kekuatan pendorong dan kekuatan menolak atau menahan, kemudian terjadi keseimbangan dari keduanya atau keadaan  status quo.  Katakanlah kita ingin mengubah keseimbangan ini sehingga kita terpeleset jatuh ke lantai. Dengan demikian kita telah  meningkatkan jumlah gravitasi. Hal yang serupa juga terjadi saat kita mencoba memahami konsep dasar analisis medan kekuatan. Kurt Lewin telah menerapkan konsep pemikiran ini kedalam teori perubahan dalam  setting  situasi sosial.  Akan selalu ada kekuatan pendorong yang membuat orang tertarik untuk melakukan perubahan. Suatu perubahan yang berhasil dicapai dengan baik akan memperkuat kekuatan pendorong atau melemahkan kekuatan yang menentang. Analisis medan kekuatan terintegrasi dengan tiga tahap teori perubahan dari Lewin, yakni adanya fase unfreezing, kemudian bergerak menuju perubahan yang diinginkan, dan  membekukan perubahan pada tingkat yang baru  sehingga terjadi suatu tahap equilibrium  yang menolak perubahan lebih lanjut.  Untuk memahami apa yang membuat orang menolak atau menerima perubahan, maka kita perlu memahami nilai-nilai dan pengalaman individual atau organisasional. Mengembangkan kesadaran diri dan menggunakan kecerdasan emosional untuk memahami kekuatan-kekuatan yang bekerja dalam diri kita dan orang lain.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close