People Innovation Excellence

Alternatif Model Manajemen Perubahan [Bagian 9]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Pasrah (acceptance)

Pada akhirnya seseorang harus bersikap pasrah dan menerima terhadap suatu perubahan. Sebagaimana seseorang yang naik  kereta menuju ke terowongan. “ Ia tidak tahu apa yang ada di terowongan sana, namun ia  harus menerima berada dalam  trek ini, dan rasa takut dapat menghinggapinya, namun  tidak ada pilihan lain, selain berharap pada akhirnya akan ada  cahaya di ujung terowongan sana…”

Namun sebaliknya, situasi tersebut dapat menjadi ruang kreatif yang memaksa seseorang untuk mengeksplorasi dan mencari kemungkinan-kemungkinan baru. Menurut Kubler-Ros adalah penting  untuk menaruh suatu harapan  bahwa akan ada akhir yang positif dari suatu perubahan dan ada beberapa makna yang dapat dipetik untuk belajar dari suatu pengalaman. Dimilikinya  pengalaman  merupakan indikator penting dari kemampuan seseorang  untuk berhasil menavigasi perubahan. Bahkan dalam keadaan yang paling sulit ada kesempatan untuk pengembangan dan pembelajaran.  Tentunya, tidak semua orang setuju bahwa model ini berguna. Para kritikus berpendapat bahwa kelima tahap ini terlalu sederhana dan tidak cocok untuk menggambarkan berbagai gejolak emosi seseorang selama mengalami perubahan. Para kritikus juga mengatakan  bahwa tidak mungkin semua orang di seluruh dunia mengalami reaksi dan emosi yang sama. Namun demikian model ini tetap berguna dan lebih mudah dimengerti. Orang-orang dapat segera menerapkannya dalam kehidupan mereka dan memberitahu orang lain tentang hal yang sama.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close