People Innovation Excellence

Manajemen dan Kepemimpinan Kolaboratif [Bagian 10]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Pada akhirnya manajemen harus memastikan bahwa banyak para pekerja telah memiliki pengetahuan yang memadai, dan mereka terus berusaha untuk menyebarkan pengetahuan tersebut melalui kolaborasi, dan inilah yang dimaksud dengan organisasi pembelajaran. Adapun faktor kunci keberhasilan bagi organisasi pembelajaran adalah perilaku manajemen. Manajemen harus memfasilitasi proses dan budaya pembelajaran serta memberi imbalan (reward) kepada orang yang bersedia berbagi pengetahuan, dan sebaliknya juga mendorong agar para pekerja yang menyembunyikan pengetahuannya agar berbagi pengetahuan. Sehubungan dengan terjadinya faktor perubahan dan Ketidakpastian, maka para pemimpin akan mendorong inovasi dalam sistem, dan memberi kebebasan dalam memilih solusi atau resolusi. Manajemen juga perlu untuk menunda suatu komitmen dengan mensyaratkan kondisi yang memungkinkan komitmen dapat dibuat. Para pekerja akan berinovasi di tepi keraguan dan ketidakpastian. Suatu inovasi dapat tumbuh dalam situasi kegelisahan dan bukan didorong oleh lingkungan berulang yang mudah diprediksi. Dengan demikian, kecerdasan organisasi tidak lagi berada hanya di level bagian atas. Namun berada dalam angkatan kerja yang semakin memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus yang dibutuhkan untuk menciptakan produk dan jasa yang kompleks saat ini.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close