People Innovation Excellence

Manajemen dan Kepemimpinan Kolaboratif [Bagian 12]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Manajemen kolaboratif merupakan praktik yang berkembang yang menyediakan perkakas dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh para manajer agar unggul dalam pasar global saat ini. Dalam dunia bisnis yang semakin mengglobal, manajer dihadapkan dengan kompleksitas tim kerja yang memiliki keberagaman budaya yang mengemuka. lingkungan yang kompleks ini menuntut para pemimpin untuk terus berinovasi dan melakukan pendekatan kerjasama dan komunikasi dalam rangka mempertahankan keunggulan kompetitif. Manajemen kolaboratif menggambarkan tentang praktek yang memfokuskan diri pada hasil yang optimal dan melintasi batas-batas organisasional, terutama dalam menanggapi pertumbuhan aliansi strategik antara organisasi dan penciptaan kemitraan, baik di sektor bisnis maupun publik. Suatu gaya manajemen strategik yang berfokus pada tim kerja, baik ke dalam maupun keluar organisasi, untuk berkontribusi secara optimal kepada tujuan bersama yang sesuai dengan kekuatan masing-masing mereka. Para pemimpin Kolaboratif kemudian menggunakan teknik manajemen yang berfokus pada penciptaan suatu hubungan diantara tujuan para kolaborator tersebut, sehingga komunikasi dan kerjasama semakin meningkat di sepanjang rantai organisasi. Keberhasilan kerjasama ini merupakan penguatan terhadap premis teoritikal bahwa penggabungan kekuatan antara seorang manajer dengan kekuatan orang lain akan mendukung proyek mencapai hasil yang optimal.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close