People Innovation Excellence

Manajemen dan Kepemimpinan Kolaboratif [Bagian 14-Selesai]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dengan demikian, para pemimpin kolaboratif dapat mengecilkan hambatan potensial dalam berkomunikasi dengan masing-masing manajer atau supervisor untuk menggabungkan pengetahuan tentang industri mereka. Dengan demikian para manajer akan mampu mengimplementasikan strategi bisnis mereka berdasarkan informasi yang terbaik. Melibatkan setiap manajer dalam proses ini akan membantu mereka menghindari konflik, dimana strategi bisnis kolaboratif akan memenuhi harapan setiap orang yang terlibat. Manajemen kolaboratif dapat meningkatkan rasa kerja sama tim, rasa tanggung jawab, meningkatkan efisiensi dan koordinasi sekaligus menyatukan tim kerja. Sebagaimana dikatakan oleh Frans Johansson dalam bukunya The Medici Effect (2007), bahwa “menjadi pemimpin di dunia saat ini membutuhkan kemampuan untuk bereaksi terhadap tren global, membangun kemitraan global dan yang terpenting, melibatkan orang-orang dalam suatu organisasi untuk memberikan kinerja tertinggi mereka. Sekalipun kepemimpinan adalah suatu seni yang dirasakan masih perlu untuk terus dikembangkan”.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close