People Innovation Excellence

Manajemen dan Kepemimpinan Kolaboratif [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Ruang lingkup metode manajemen kolaboratif yang digunakan di lingkungan organisasi akan ditentukan oleh sifat bisnis, ukuran dari tim manajemen, dan jenis masalah operasional yang sering ditemui secara umum pada model bisnis tertentu. Para manajer dapat duduk bersama-sama dalam suatu pertemuan informal, atau bisa saja memilih platform yang lebih terstruktur untuk melakukan suatu interaksi teratur dalam satu atau dua kali dalam seminggu. Dengan pendekatan yang lebih terstruktur, suatu tim kerja dapat memanfaatkan berbagai metoda pelaporan untuk mengidentifikasi apa yang tengah terjadi di berbagai bidang operasi, mengevaluasi berbagai peristiwa penting, dan secara kolektif merespon berbagai persoalan dengan cara yang dianggap baik oleh tim kerja. Hal ini tentunya berbeda dengan cara yang biasa ditempuh oleh para manajer dalam manajemen tradisional, dimana masing-masing departemen hanya menyerahkan laporan kepada pihak pemilik dan mereka kurang memiliki kemandirian dalam menangani pelbagai macam persoalan. Dalam manajemen kolaboratif kekuatan masing-masing para manajer dapat teraktualisasi dan bermanfaat dalam mengatasi hambatan potensial yang ada dalam operasi bisnis. Salah satu kelemahan yang masih dirasakan dalam pendekatan manajemen kolaboratif adalah bahwa para manajer yang bekerja dalam lingkungan kolaboratif belum sepenuhnya merasa diberdayakan, khususnya dalam membuat keputusan segera dan langsung di tempat saat diperlukan, sehingga waktu yang berharga hilang, padahal secara kolektif mereka cukup representatif untuk melakukan keputusan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close