People Innovation Excellence

Manajemen dan Kepemimpinan Kolaboratif [Bagian 3]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Masalah kewenangan untuk mengambil keputusan ini menjadi penting, ketika mereka harus mencegah suatu masalah sebelum masalah tersebut menyebar ke area lain, yang jika keputusannya tertunda dapat memicu persoalan baru yang lebih sulit. Tidak dapat dielakkan, suatu kolaborasi berkelanjutan diantara para pekerja atau tim kerja sangat diperlukan untuk kemajuan organisasi, bahkan teknik-teknik yang berkembang selama ini bermanfaat dalam menjaga kekompakan dan keutuhan tim kerja, khususnya untuk menghindari konflik yang berdampak negatif terhadap organisasi secara keseluruhan. Motif utama di balik penggunaan teknik tersebut adalah untuk membawa pertumbuhan yang positif dalam bisnis. Tentu saja efektifitas dari manajemen kolaboratif akan bergantung pada kemampuan pemimpin tim kerja, yaitu bagaimana kemampuan mereka dalam menangani isu-isu , mulai dari tingkat yang paling sederhana sampai ke tingkat yang paling rumit. Dengan demikian, manajemen kolaboratif bertujuan untuk mengintegrasikan solusi serta membangun hubungan yang sehat diantara para wirausahawan, pemilik atau investor, para pekerja, para pelanggan, mitra kerja dan vendor. Pendekatan kolaboratif mendorong diskusi terbuka bagi terciptanya suatu pencerahan. Berbagai perbedaan dan jenis-jenis sengketa yang berlangsung dalam organisasi – sebagai alasan dibalik konflik – dianalisis secara menyeluruh sebelum dilakukan suatu penyelesaian atau keputusan apapun.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close