People Innovation Excellence

Manajemen dan Kepemimpinan Kolaboratif [Bagian 4]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Suatu hasil penting dari gaya manajemen kolaboratif ini adalah terselenggaranya pemerataan kerja dan meningkatnya kemampuan kerja. Gaya manajemen tersebut secara efektif membantu koordinasi diantara anggota tim kerja dan sinkronisasi berbagai unit atau sektor organisasi lainnya. Suatu organisasi selalu memiliki tim kerja terpisah bagi manajemen kolaboratif, dimana setiap anggota tim kerja terampil dalam menyelesaikan konflik dan mereka memiliki pengalaman yang cukup dalam menangani situasi rumit serta mampu memilah masalah yang timbul karena keadaan yang tak terduga. Para eksekutif atau manajer juga harus memiliki keterampilan mendengarkan dan kemampuan komunikasi yang efektif, dikarenakan mereka bakal menghadapi hal-hal yang rumit khususnya yang berkaitan dengan memahami pandangan orang lain. Terdapat beberapa kondisi yang kondusif untuk menopang berlangsungnya manajemen kolaboratif, yakni: pertama, terselenggaranya organisasi pembelajaran yang didukung oleh jajaran pimpinan. Kedua, tersedia seperangkat nilai guna memandu organisasi dalam membangun visi, strategi pengembangan, dan merancang taktik, serta tersedia sebuah model untuk mendistribusikan kekuasaan. Tim manajemen kolaboratif juga perlu melakukan pemantauan, guna memastikan bahwa rencana dan keputusan yang diambil oleh mereka diimplementasikan sesuai dengan norma-norma yang dibangun. Dalam hal ini, termasuk juga mengevaluasi para pekerja sekaligus potensi mereka agar mampubekerja sesuai dengan kebijakan organisasi serta menghindari konflik dalam jangka panjang. Ketiga, manajemen kolaboratif juga harus berjalan efisien guna menanamkan kepercayaan terhadap organisasi dan mampu memberikan umpan balik kepada para pemilik, sehingga tumbuh prinsip manajemen yang didasarkan pada saling percaya, pengertian dan kerjasama. Tentunya perangkat yang diimplementasikan dan gaya yang diadopsi oleh tim manajemen tergantung pada sifat bisnis, jenis konflik yang biasa dihadapi dan jenis orang-orang yang terlibat di dalamnya. Model bisnis kolaboratif dirancang setelah mempertimbangkan ukuran bisnis dan masalah operasional yang acapkali muncul, dengan melakukan pertemuan berkala tim manajemen yang berusaha untuk megatasi hambatan yang terjadi, yakni dengan cara langkah demi langkah. Gaya dan teknik manajemen kolaboratif tentunya berbeda antara organisasi yang satu dengan organisasi yang lain, dan hal tersebut dibentuk sesuai dengan sifat dan modus krisis yang dihadapi. Namun kritik pun muncul, bahwa terlalu banyak implementasi teknik kolaboratif dapat menyebabkan pemborosan waktu untuk hal-hal yang sepele. sehingga dapat memunculkan masalah dalam hal komitmen. Orang akan cenderung untuk menghindari tanggung jawab dan mencari jalan pintas, sehingga tenggang waktu harus ditetapkan untuk memecahkan konflik, dan begitu pula halnya bahwa tanggung jawab harus dibagi rata di antara anggota tim kerja agar masing-masing berfungsi secara efektif sebagai bagian dari tim kerja manajemen kolaboratif.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close