People Innovation Excellence

Manajemen dan Kepemimpinan Kolaboratif [Bagian 6]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Sebagai titik awal, mari kita simak ilustrasi di bawah ini, tentang permasalahan yang dihadapi seorang pekerja bernama Bobby: ”kalau bisa saya senantiasa akan menghindari ruang pimpinan, karena saya merasa apakah pada saat ini saya masih membutuhkan seorang pemimpin? Namun setelah saya berdiskusi dengan seorang rekan yang lebih berpengalaman dalam berorganisasi, dia mengatakan, bahwa masalah saya adalah terkait dengan hubungan saya dengan para pemimpin, dan bukan dengan kepemimpinan. Memang, selama ini saya merasa tidak nyaman dengan mereka, karena saya merasa bahwa mereka tidak memiliki cukup pengetahuan atau informasi terbaik untuk membuat suatu keputusan. Saya merasa bahwa setiap orang dalam organisasi harus terlibat secara nyata dalam mempengaruhi suatu keputusan”, demikian menurut pendapat Bobby. Dari ilustrasi tersebut, agaknya kita perlu mengusulkan sebuah kerangka di mana setiap orang bertanggung jawab berkenaan dengan kepemimpinan. Tanggung jawab tersebut tentunya berbeda-beda tergantung pada peran dan level mereka dalam organisasi, namun demikian mereka tetap harus diberi tanggung jawab untuk memimpin dan memenej sesuai dengan lingkup pengaruh mereka. Dengan demikian bagaimana manajemen dan kepemimpinan dibedakan? Pada tingkat yang lebih tinggi dalam jenjang organisasi, kepemimpinan adalah penunjuk jalan, menyajikan pilihan untuk arah, dan mendefinisikan batas-batas pengambilan keputusan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close