People Innovation Excellence

Tipologi Kepemimpinan Unggul [Bagian Ke-1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Pada dasarnya terdapat lima karakteristik pemimpin unggul, karakteristik pertama, mereka mampu bersikap fleksibel. Sebagaimana kita ketahui, tidak semua yang terjadi dalam dunia bisnis berjalan seperti yang direncanakan. Hal ini disebabkan karena para pesaing mengubah strategi dan/atau taktik, para pejabat pemerintah menetapkan peraturan baru untuk lingkungan bisnis, aksi pemogokan dapat menghentikan aliran produk, dan bahkan sekali waktu terjadi bencana alam. Dalam situasi seperti demikian, para pemimpin dituntut mampu untuk mengubah arah, yaitu dengan memastikan bahwa bisnis mereka akan mampu bertahan hidup, dan kemudian menemukan cara baru terbaik untuk mencapai tujuan mereka. Karakteristik kedua mereka mampu berkomunikasi. Beberapa pemimpin tertentu beruntung diberi bakat sebagai orator ulung, namun berbicara dengan baik bukanlah satu-satunya yang diperlukan bagi seorang pemimpin. Pemimpin yang berkomunikasi dengan baik adalah mereka yang tidak hanya mampu berbagi pikiran dengan para pekerja, akan tetapi mereka juga harus mampu menunjukkan karakter pribadi dalam komunikasi mereka. Pada gilirannya, para pekerja akan merasa diberdayakan dan mengetahui bagaimana cara mereka mencapai suatu tujuan. Karakteristik ketiga dari pemimpin unggul adalah memiliki keberanian, keuletan, dan kesabaran. Yang dimaksud adalah memiliki keberanian untuk berdiri sendiri, keuletan untuk tidak menyerah pada tekanan, dan kesabaran untuk terus berjuang sampai suatu keberhasilan tercapai. Adakalanya mereka dituntut untuk mampu melakukan semuanya pada saat yang berbarengan, yaitu berupa keterampilan yang perlu dikembangkan jika ingin menjadi seorang pemimpin sejati dan sukses. Karakteristik keempat yang perlu dimiliki adalah kombinasi dari kerendahan hati dan empati sehingga keberadaannya dirasakan hadir oleh para pekerja. Dalam hal ini seorang pemimpin harus mampu berbicara dan mendengarkan para pekerja mereka di semua tingkatan organisasi. Pada saat yang sama, mereka harus menimbulkan rasa hormat dari para pekerja, yang diperolehnya karena mereka mampu bersikap jujur, memiliki integritas dan adil. Karakteristik kelima dari seorang pemimpin yang sukses adalah memiliki sikap tanggung jawab. Hal ini berarti bahwa mereka bersedia bertanggung jawab terhadap kesalahan yang harus diterima, atau dengan perkataan lain, pemimpin adalah orang pertama yang bersedia mengakui suatu kesalahan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close