People Innovation Excellence

Tipologi Kepemimpinan Unggul [Bagian Ke-11]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Sebagai seorang pemimpin , kita perlu belajar untuk berpikir di luar kebiasaan kita, terutama jika dihadapkan pada pilihan terbaik dari dua pilihan yang buruk. Jangan tergesa-gesa untuk memilih kemungkinan termudah, kadang-kadang pilihan terbaik menyajikan masalah yang lebih rumit. Dengan demikian kita perlu mengkaji semua opsi sebelum membuat keputusan yang tergesa-gesa, untuk mencapai suatu kesimpulan terbaik. Intuisi juga diperlukan pada saat kita tidak memiliki roadmap tentang apa yang harus dilakukan. Dalam situasi ketidak pastian, dan semakin tingginya suatu risiko, maka akan semakin tinggi pula tekanan yang dirasakan. Artinya, ketika sesuatu yang tidak terduga terjadi, dan dengan cepat dan tepat kita mampu menawarkan skenario baru, maka tim kerja kita akan melihat kita sebagai panduan dalam menemukan solusi atau resolusi. Belajar untuk mempercayai diri sendiri – baik naluri maupun intuisi – adalah sama pentingnya dengan tim kerja kita belajar untuk mempercayai kita. Disamping intuisi, hal terpenting lainnya adalah inspirasi. Menciptakan bisnis sering membutuhkan peramalan. Dengan demikian , menginspirasi tim kerja kita untuk mampu melihat visi keberhasilan dimasa yang akan datang sangatlah penting. Membuat tim kerja kita ikut merasa berinvestasi dalam pencapaian keberhasilan organisasi adalah penting untuk menghasilkan antusiasme. Mampu menginspirasi tim kerja adalah sangat baik untuk lebih fokus pada tujuan masa depan, akan tetapi juga penting untuk tidak mengabaikan isu-isu saat ini. Ketika kita semua terjebak oleh rutinitas pekerjaan, sehingga moral kerja menjadi rendah, dengan tingkat energi yang memudar, maka kita harus mulai menyadari bahwa setiap orang perlu waktu untuk istirahat. Kita juga perlu mengakui bahwa setiap pekerja telah mendedikasikan dirinya masing-masing dengan pengabdian yang tinggi, sehingga pada saatnya kita harus memberikan penghargaan dan apresiasi terhadap dedikasi yang mereka tunjukkan sehingga moral kerja mereka akan bangkit kembali.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close