People Innovation Excellence

Tipologi Kepemimpinan Unggul [Bagian Ke-12]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Kecerdasan kontekstual adalah sisi lain yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin, yaitu suatu kemampuan untuk mampu membaca situasi dan menentukan pendekatan yang tepat dalam mempraktikan gaya kepemimpinan yang tepat. Dalam hal ini, diperlukan bakat dan pemahaman tentang budaya organisasi ( untuk menciptakan kehangatan ) , politik kekuasaan (untuk membangun kekuatan) , kebutuhan setiap orang dalam suatu organisasi (untuk membentuk kehangatan) , dan arus informasi (sebagai sumber keputusan) . Tidak ada seorang pemimpin pun yang mampu melakukan hal ini dengan baik dalam segala situasi. Sejarah telah penuh dengan contoh-contoh bagaimana seorang pemimpin berkembang pesat dalam satu periode regulasi, namun menemui kegagalan untuk beradaptasi ketika konteks situasi mulai bergeser. Semua keterampilan ini sangat penting untuk mengatasi tantangan kepemimpinan yang muncul secara signifikan. Memimpin orang lain pada akhirnya akan menuntut terpuaskannya dua jenis kebutuhan utama, yakni: pertama, memproyeksikan kekuatan
yang cukup untuk melindungi agar tim kerja tetap dapat bekerja sesuai jalur dan membebaskannya dari situasi yang mengancam. Kedua, memproyeksikan kehangatan yang cukup untuk mempertahankan para pekerja agar mampu mewujudkan visi tim kerja. Dengan demikian, kepemimpinan berada dalam keseimbangan yang berkelanjutan antara kekuatan dan kehangatan. Para pemimpin yang paling dikagumi adalah mereka yang mampu memproyeksikan kekuatan dan kehangatan secara konsisten dengan tingkat yang tinggi, sekaligus memiliki kecerdasan kontekstual untuk mengetahui bagaimana menggunakannya. Hanya sedikit orang yang dilahirkan untuk menjadi pemimpin. Sebagian besar dari kita perlu berlatih menjadi pemimpin yang baik , dan itulah sebabnya mengapa pengembangan kepemimpinan menjadi sangat penting. Terdapat banyak jenis atau gaya kepemimpinan yang berbeda , dan begitu pula terdapat banyak kompetensi yang dapat membantu kita untuk menjadi seorang pemimpin yang sukses.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close