People Innovation Excellence

Tipologi Kepemimpinan Unggul [Bagian Ke-13]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Kebanyakan dari para atasan atau pemimpin telah dapat menetapkan bahwa sejumlah para pekerja telah terbukti mahir dalam melaksanakan tugas. Sehingga terbuka kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan keterampilan lain yang dibutuhkan kelak, misalnya dengan mengambil proyek-proyek tambahan di luar deskripsi pekerjaan kita saat ini. Dalam hal ini, semakin banyak pekerjaan yang dapat kita lakukan , maka akan semakin terbuka peluang untuk belajar. Dengan belajar lebih banyak dan mengambil tanggung jawab yang lebih besar, dapat membantu kita untuk memperoleh peran kepemimpinan baru yang lebih baik di tempat kita bekerja. Seorang pemimpin yang baik akan mampu meramalkan masalah potensial sebelum masalah benar-benar terjadi, sehingga dapat mengembangkan cara-cara untuk mencegah agar masalah jangan sampai terjadi. Salah satu keterampilan yang paling penting bagi seorang pemimpin adalah kesediaan mendengarkan. Tanpa adanya keterampilan mendengarkan, seorang pemimpin tidak bisa mendapatkan umpan balik dan merasakan apa yang terjadi pada anggota tim kerja, khususnya sikap sebenarnya tentang proyek-proyek yang mereka kerjakan. Umpan balik adalah kunci. Untuk mampu mendengarkan secara efektif, kita perlu untuk mempertahankan kontak mata dan meresponnya dengan tepat. Perlu diingat, bahwa komunikasi tidak hanya komunikasi verbal, akan tetapi juga melibatkan bahasa tubuh dan gerak rekleks anggota tubuh lainnya (non-verbal).


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close