People Innovation Excellence

Tipologi Kepemimpinan Unggul [Bagian Ke-3]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Suatu organisasi akan mampu memenuhi tujuannya jika para pemimpinnya mampu memotivasi para pekerja menjadi tim kerja yang terkoordinasi dan fokus pada tujuan. Para pemimpin harus mengajarkan kemampuannya kepada para pekerja , baik dengan contoh maupun dengan pelatihan. Semakin banyak pemimpin yang dapat mengembangkan para pekerjanya , maka semakin kuat bisnis yang dijalankan , dan akan semakin sedikit kekhawatiran kita tentang bagaimana kegiatan bisnis beroperasi. Dalam hal kepemimpinan, pada dasarnya terdapat tiga hal yang perlu dicapai jika kita ingin membuat suatu organisasi yang sukses. Boleh jadi ketiga hal tersebut tidak mewakili setiap aspek kepemimpinan, akan tetapi hal tersebut adalah fondasi tempat dimana kepemimpinan dibangun dan merupakan bagian integral dari aspek kepemimpinan pada setiap tingkatan. Yang pertama adalah mampu mencapai tujuan. Upaya mencapai tujuan bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan sendiri, dalam arti kita harus bekerja dengan orang lain untuk mencapainya. Yang kedua adalah membangun dan memelihara tim kerja. Mengatakan bahwa kita membutuhkan suatu tim kerja yang baik untuk mencapai sesuatu hanya baru satu hal saja, akan tetapi yang terpenting adalah mampu untuk mengembangkannya, dan memotivasi hal tersebut secara konsisten. Hal ketiga atau terakhir yang harus kita lakukan adalah mengembangkan kemampuan individual dalam organisasi. Dalam rangka untuk mencapai hal tersebut, kita harus pandai menerapkan cara memimpin dengan contoh, mengajari para pekerja dengan baik, dengan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk sukses dengan menghilangkan berbagai alasan yang tidak masuk akal, serta mengenali kapan suatu pekerjaan dilakukan dengan baik. Disamping itu perlu memiliki keberanian untuk membuat keputusan yang sulit, dan mendorong suatu upaya pemberdayaan dalam batasan waktu yang terjadual dengan ketat. Kepemimpinan dapat diartikan juga sebagai memperlakukan orang yang berbeda dengan cara yang berbeda pula. Namun demikian dalam suatu organisasi bisnis, kepemimpinan harus selalu dimulai oleh pihak pemilik, yang harus menentukan dan mengartikulasikan tentang apa arti kepemimpinan dan sekaligus juga memutuskan apa arti sukses bagi suatu organisasi bisnis. Dengan perkataan lain, menjadi seorang pemimpin harus mampu mengartikulasikan visi kepada
orang lain dalam organisasi, sekaligus meyakinkan tentang pentingnya arti visi tersebut, dan mendorong serta memotivasi para pekerja bekerja sama untuk mencapainya. Sebagaimana dikatakan oleh Vince Lombardi, pelatih legendaris Green Bay Packers, yang berkata,” bertentangan dengan pendapat banyak orang, bahwa para pemimpin tidaklah dilahirkan , akan tetapi mereka dibuat, dan mereka dibuat oleh usaha dan kerja keras.”


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close