People Innovation Excellence

Tipologi Kepemimpinan Unggul [Bagian Ke-4]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Terdapat ciri-ciri umum yang menentukan kepemimpinan, dan dengan aktif membangun sifat-sifat tersebut akan mampu mengembangkan pemimpin yang lebih kuat. Berikut adalah beberapa ciri-ciri yang paling umum dalam karakteristik kepemimpinan: • Empati: menciptakan hubungan yang penuh saling pengertian dapat memperkecil munculnya isu-isu tidak relevan atau gosip-gosip pribadi, dan sekaligus menghambat menyelinapnya rasa kebencian menjalar sehingga menggagalkan suatu kerjasama tim. Ketika tim kerja mengetahui bahwa para pemimpin menaruh rasa prihatinan pada mereka, maka mereka akan lebih bersedia untuk bekerja sama dan berbagi visi dengan pemimpin; • Konsistensi: seorang pemimpin yang konsisten akan dihormati dan memiliki kredibilitas, dan hal terserbut sangat penting untuk mmperoleh dukungan tim kerja. Dengan mempraktikan keteladanan tentang keadilan dan menunjukkan kredibilitas yang dimilikinya, maka tim kerja akan terpicu untuk bertindak dengan cara yang sama; • Kejujuran: karakteristik lain dari kepemimpinan agar kredibel adalah menunjukkan sikap kejujurannya, sehingga segala rintangan dapat diatasi bersama-sama, dan tidak dengan cara dihindari, serta dikerjakan dengan sepenuh hati; • Mengarahkan: Memiliki misi dan visi besar dan mengatur langkah yang diperlukan untuk mencapainya adalah karakteristik penting dari kepemimpinan yang baik. Pemimpin dengan visi yang besar akan mampu mengelola tujuan dan mengarahkan orang-orang tentang bagaimana untuk bersama-sama mencapainya. Dengan demikian, seorang pemimpin yang baik dapat menciptakan perubahan yang mengesankan; • Komunikasi : suatu komunikasi yang efektif akan menjaga tim kerja bekerja dengan sikap yang tepat dan benar. Jika komunikasi berlangsung secara efektif, berkenaan dengan harapan, pemecahan masalah, saran, dan lain sebagainya, maka para pekerja akan menanggapi penyampaian pesan dengan memenuhi tujuan yang kita inginkan ; •Fleksibilitas: tidak setiap masalah menuntut solusi yang sama. Dengan mengembangkan fleksibilitas terhadap ide-ide yang baru dan berpikiran terbuka untuk menyimak dan mempertimbangkan masukan dan saran dari tim kerja, maka sikap demikian dapat meningkatkan hubungan yang konstruktif untuk menemukan jawaban terbaik tentang suatu persoalan yang pelik. Disamping itu, dengan sikap demikian kita akan menjadi contoh yang baik bagi tim kerja dengan menghargai ide-ide yang bagus; dan
• Keyakinan : Pemimpin yang percaya pada misi dan visinya dan berupaya bekerja keras menuju ke arah itu akan menjadi motivator dan inspirator bagi tim kerja mereka.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close