People Innovation Excellence

Dinamika Pengembangan Organisasi [Bagian 1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Para pemimpin organisasi bisnis di abad ke-21 ini tengah menghadapi tantangan kompleks yang sangat mencekam. Dalam situasi pasar global yang semakin kompetitif, pemimpin bisnis secara bersamaan harus mengidentifikasi peluang dan kesempatan baru untuk pertumbuhan sekaligus melakukan terobosan inovatif agar tetap lincah dan responsif. Para pemimpin tersebut harus terus mengembangkan organisasi mereka, agar mampu bertahan dan mengerakkan roda bisnisnya, diantaranya dengan melakukan hal sebagai berikut, yakni :
• Mengembangkan organisasi yang lebih global dan multi-budaya ;
• Mengembangkan lingkungan dan produktivitas kerja berbasis kinerja ;
•Membangun talenta dan kemampuan organisasi untuk memenuhi kebutuhan masa depan;
• Mengakomodasi peraturan eksternal baru;
• Memanfaatkan dan mengintegrasikan teknologi baru untuk mendukung bisnis ; dan
• Meningkatkan praktek bisnis yang bertanggung jawab secara sosial dan berkelanjutan.
Disamping butir-butir langkah diatas, organisasi dewasa ini juga semakin dituntut untuk menjalin kolaborasi dengan pemerintah, organisasi non-pemerintah ( LSM ), dan upaya lain yang bersifat non-profit untuk mendukung lingkungan sosial, ekonomi, dan kelestarian alam agar menjadi organisasi bisnis yang lebih berkelanjutan dengan mendukung pemeliharaan ekosistem secara lebih luas. Pada sisi yang lain, kunci dalam menghadapi tantangan besar tadi adalah dengan memanfaatkan pengetahuan, keahlian, dan komitmen masyarakat untuk meningkatkan kinerja organisasi. Banyak organisasi bisnis yang telah menginvestasikan modalnya dalam bidang SDM, dengan mempertahankan, menghargai dan mengembangkan tim kerjanya, serta mengukur kemajuan kinerja yang dihasilkannya agar investasi tersebut dapat dipertanggung-jawabkan serta memiliki keuntungan kompetitif yang kuat.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close