People Innovation Excellence

Dinamika Pengembangan Organisasi [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Pengembangan organisasi (organizational development), atau dapat disingkat dengan PO, adalah strategi intervensi yang memanfaatkan proses tim kerja untuk berfokus pada budaya suatu organisasi secara menyeluruh dalam rangka melaksanakan perubahan yang diinginkan. Strategi PO mengubah keyakinan, sikap, nilai, struktur dan praktek sehingga organisasi dapat menyesuaikan diri dengan teknologi dan mampu bertahan hidup dalam laju perubahan yang berlangsung cepat. Terdapat dua alasan mengapa PO diperlukan, pertama, struktur imbalan dalam pekerjaan tidak cukup memperkuat pelatihan konvensional, sehingga seringkali gagal mengalihkan hasil belajar kedalam pekerjaan. Terlalu banyak program yang dirancang dengan baik mengalami kegagalan karena lingkungan kerja tidak menyediakan dukungan yang diperlukan
secukupnya. Dalam kondisi demikian, maka langkah yang masuk akal adalah berusaha mengubah organisasi secara keseluruhan yang mendukung pada budaya belajar atau pelatihan. Kedua, laju perubahan itu sendiri yang berlangsung cepat, yang mengharuskan organisasi untuk benar-benar luwes dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya dan memperoleh keuntungan. Untuk itu, PO berupaya mengembangkan organisasi secara keseluruhan agar dapat menanggapi perubahan secara lebih seragam dan berkemampuan. PO berupaya memperlancar arus komunikasi dengan meningkatkan jumlah dan akurasi informasi melalui penanggulangan masalah dan dinamika tim kerja yang lebih baik. Pendek kata, tujuan umum PO adalah mengubah semua bagian organisasi untuk membuatnya lebih tanggap secara manusiawi, lebih efektif, dan lebih mampu memperbaharui diri sendiri. Melalui PO banyak hal bisa ditawarkan terutama dalam mengembangkan potensi SDM dalam organisasi bisnis, dan banyak upaya berharga ke arah itu yang telah dikembangkan. Pendekatan PO dapat terus berlangsung jika organisasi bersedia belajar lebih banyak tentang isu-isu substantif yang tengah dihadapi organisasi bisnis dan berhasil mengatasi isu-isu tersebut. Yang dimaksud dengan tantangan substantif dan peluang bagi para pemimpin organisasi bisnis dewasa ini, yakni :
1 . Globalisasi dan seluruh perspektif sistem multikultural;
2 . Membangun budaya kerja, produktivitas, dan kinerja yang hebat;
3 . Memanfaatkan teknologi dan integrasinya di seluruh dunia;
4 . Meningkatkan tanggung jawab sosial organisasi atau korporasi;
5 . Membangun kepemimpinan dan kemampuan organisasional untuk masa depan; dan
6 . Menanggapi peraturan dan bentuk-bentuk baru lingkungan organisasi.
Para praktisi yang memanfaatkan pendekatan pengembangan organisasi (PO) percaya bahwa kekuatan terbesar mereka terletak pada hal sebagai berikut :
• Orientasi sistemik yang mereka bawa ke dalam organisasi;
• Kemampuan mereka untuk membantu dalam mengelola perubahan;
•Teknik dan proses yang mereka gunakan terutama dalam mendukung kerja tim dan pengembangan kepemimpinan; dan
• Mempraktekkan nilai-nilai organisasional.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close