People Innovation Excellence

Dinamika Pengembangan Organisasi [Bagian 3]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Disamping itu, para pemimpin bisnis saat ini hampir sepakat bahwa perlunya keselarasan antara faktor strategi, orang atau SDM, sistem dan seluruh proses dalam organisasi untuk meningkatkan produktivitas dan profitabilitas. Bahkan menurut mereka, produktivitas merupakan fungsi langsung dari visi , strategi, dan orang dalam suatu proses yang berjalan secara selaras dan efektif. Namun mereka juga mengakui, bahwa kompleksitas tugas dan ukuran organisasi membuat keselarasan ini sulit untuk dicapai. Sisi lain yang penting untuk diperhatikan adalah komitmen tenaga kerja dalam mencapai tujuan organisasi bisnis. Suatu hasil penelitian mencatat bahwa dalam rangka
melaksanakan strategi dan mencapai profitabilitas, suatu organisasi harus memiliki keselarasan dan keterlibatan dengan tenaga kerja sebagai pendukung utamanya. Oleh karena itu, sistem dan proses harus mendukung keterlibatan dan komitmen para pekerja, khususnya yang berkaitan dengan faktor-faktor motivasi, yaitu seperti gaji atau upah, bonus, penghargaan, dan lingkungan kerja yang kondusif. Organisasi tidak dapat mengharapkan hasil performasi tertinggi dan komitmen dari para pekerjanya, jika mereka belum memenuhi tuntutan dalam hal pengembangan para pekerjanya baik dalam posisi mereka sebagai seorang profesional maupun pribadi. Begitu pula, setiap pekerja perlu memahami tentang bagaimana mereka dapat berkontribusi terhadap visi, misi dan tujuan organisasi, sehingga mereka akan menunjukkan komitmen dan motivasi untuk tampil dengan kinerja pada tingkat yang paling tinggi. Sayangnya, organisasi seringkali kurang berhasil dalam berkomunikasi dan terlibat dengan tenaga kerja mereka untuk mendukung visi, misi dan tujuan bersama. Pernyataan dari suatu visi, misi dan tujuan organisasi seringkali bersifat ambigu dan bahkan dianggap tidak jelas, jika dilihat dari sudut pandang kebanyakan para pekerja. Dengan kata lain, visi, misi dan tujuan organisasi tersebut hanya dimengerti oleh tingkat papan atas organisasi dan kurang difahami oleh para pekerja di tingkat yang lebih rendah.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close