People Innovation Excellence

Dinamika Pengembangan Organisasi [Bagian 4]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Upaya untuk melibatkan para pekerja dan para manajer agar mampu berkomunikasi, yaitu dengan memberi kesempatan kepada mereka untuk mengekspresikan keprihatinan dan menyampaikan saran untuk memaksimalkan transformasi bisnis yang tengah dijalankan. Dari berbagai hasil lokakarya umpan-balik, kebanyakan para pekerja menyatakan apa yang mereka butuhkan dari manajemen, yakni : adanya suatu rencana konkrit, visi, misi dan tujuan bersama, komunikasi yang lebih rinci, strategi dan pendekatan yang konsisten, dan tentang alasan dibalik suatu perubahan. Berdasarkan umpan balik tersebut, organisasi dapat memfokuskan usaha perubahan pada empat bidang, yakni : ( 1 ) Komunikasi , (2 ) Pengembangan karir , (3 ) Kejelasan arah , dan ( 4 ) Dukungan dan Sensitivitas Kepemimpinan. Untuk mengatasi hal tersebut, upaya yang dapat dilakukan adalah :
1. Komunikasi: yaitu dengan membuat program komunikasi kemitraan dengan para pekerja;
2. Pengembangan karir: yaitu dengan menawarkan program pengembangan karir berkelanjutan bagi para pekerja;
3. Kejelasan arah : yaitu meningkatkan komunikasi kepemimpinan mengenai arah strategi serta alasan di balik strategi tersebut. Misalnya, bagaimana suatu arah dan tujuan diartikulasikan dan melakukan klarifikasi tentang nilai-nilai dan perilaku yang memberi landasan penting dalam kaitan dengan budaya yang sedang dibangun; dan
4. Dukungan dan Sensitivitas Kepemimpinan: yaitu bekerjasama dengan konsultan dari luar organisasi untuk memberikan sesi yang berfokus pada peran kepemimpinan yang lebih proaktif dan pelatihan sensitivitas.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close