People Innovation Excellence

Dinamika Pengembangan Organisasi [Bagian 5]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Disamping itu perlu dibentuk dewan manajemen untuk mengidentifikasi talenta dan kompetensi kunci individu yang diperlukan untuk memberikan kontribusi bagi keberhasilan bisnis. Setelah faktor tersebut dapat diidentifikasi, maka selanjutnya bermitra dengan konsultan dari luar organisasi untuk memvalidasi pekerjaan dengan memanfaatkan pusat penilaian (assesment center). Langkah lebih lanjut adalah mendirikan program pengembangan kepemimpinan untuk menjalin komunikasi dan melibatkan para pemimpin, manajer dan para pekerja kedalam visi dan misi masa depan serta meningkatkan keterampilan yang diperlukan agar sukses dalam budaya baru yang tengah dibangun. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah membangun kecerdasan finansial dan keterampilan kepemimpinan bisnis, dengan membuat sesi simulasi keuangan untuk melatih bakat pengetahuan dan keterampilan baru dengan membangun kapasitas kepemimpinan yang diperlukan. Sesi tersebut juga bermanfaat untuk mengidentifikasi kesenjangan, sehingga para pekerja dapat melakukan pekerjaan dengan lebih baik dan mampu untuk mengembangkan dan mengkomunikasikan gambaran yang lebih jelas tentang masa depan. Berdasarkan umpan balik ini para pemimpin dapat meningkatkan keterpaduan dan pemahaman tentang tujuan organisasi yang paling penting. Para praktisi pengembangan organisasi (PO) memiliki peran penting dalam menilai, menangani, dan mengusulkan solusi dalam menghadapi tantangan dan peluang. Para praktisi PO juga sering disebut sebagai agen perubahan (change agent), yaitu mereka yang berperan merangsang dan mengkoordinasikan perubahan dalam tim kerja. Biasanya agen perubahan tersebut adalah konsultan dari luar organisasi. Para agen perubahan ini dapat melakukan tugasnya secara bebas tanpa terikat dengan hirarki dan kebijakan organisasi. Direktur HRD adalah mitra internal yang mengkoordinasikan program secara interen dengan para pimpinan dan pihak konsultan dari luar organisasi. Para pemimpin bisnis dan manajer lini dapat melibatkan para praktisi atau konsultan dibidang pengembangan organisasi untuk membantu mengatasi kesenjangan yang telah teridentifikasi. Oleh karena itu organisasi yang memiliki departemen pengembangan organisasi akan lebih diuntungkan, khususnya dalam meningkatkan efektivitas kinerja organisasi. Keberadaan dan kehadiran bidang pengembangan organisasi (PO) akan menambah nilai efektivitas yang lebih tinggi bagi organisasi ketimbang mereka yang tidak berinvestasi dalam pengembangan organisasi. Dari berbagai kasus telah menunjukkan bahwa praktisi pengembangan organisasi internal telah mampu menambah nilai bisnis yang nyata dengan terlebih dahulu memahami kesenjangan bisnis dan peluang dari sisi perspektif SDM, untuk kemudian mengaplikasikan teori dan praktek pengembangan organisasi. Melalui experiental learning, para peserta belajar dihadapkan pada berbagai jenis masalah manusia dalam
pelaksanaan pekerjaan. Para pekerja akan belajar dengan membahas dan menganalisis pengalaman langsung mereka dan mengambil hikmah pelajaran dari kasus tersebut. Pendekatan demikian akan menimbulkan perubahan perilaku yang lebih dominan ketimbang pembelajaran dilakukan dengan cara-cara kuliah tradisional. Para peserta tidak terjebak oleh pembahasan gagasan abstrak, namun lebih diarahkan pada penerapan teoritik dalam situasi yang nyata. Dengan demikian, para pekerja dapat mempelajari cara belajar dari pengalaman mereka, sehingga mereka dapat memecahkan dan memprediksi masalah baru di masa depan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close