People Innovation Excellence

Dinamika Pengembangan Organisasi [Bagian 6]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Para pemimpin saat ini sangat membutuhkan dukungan dalam bidang yang terkait dengan talenta, termasuk mengembangkan kapasitas kepemimpinan saat ini dan masa depan, serta bagaimana mengasah dan mempertahankan talenta yang ada. Termasuk dukungan efektif untuk mengatasi budaya organisasi selama organisasi tengah didisain kembali, konsolidasi industri, merger dan akuisisi. Lebih daripada itu, suatu organisasi bisnis yang sukses perlu menyelaraskan dan melaksanakan strategi bisnis untuk memenuhi tujuan finansial yang juga konsisten dengan nilai-nilai inti yang ditanamkan dalam organisasi tersebut. Disamping itu, antara strategi, orang atau SDM, sistem dan proses harus selaras untuk meningkatkan produktivitas dan profitabilitas. Dengan demikian, para eksekutif bisnis dan para pemimpin dewasa ini membutuhkan dukungan untuk terlibat dengan tenaga kerja mereka secara intens. Suatu organisasi terbaik dapat mencapai hasil bisnis yang memuaskan, ketika tenaga kerja mereka bergerak dan berkomitmen untuk mencapai sasaran dan tujuan organisasi. Seorang pemimpin organisasi harus mampu menjelaskan dan mengkomunikasikan visi, misi dan tujuan organisasi untuk menginspirasi dan melibatkan tenaga kerja mereka. Dunia bisnis dan masyarakat sipil menghadapi tantangan yang belum pernah ada sebelumnya. Para pemimpin bisnis secara real-time memerlukan bantuan praktis dan dukungan. Yang diperlukan adalah mengidentifikasi bidang-bidang tertentu yang dianggap urgen dan menempati prioritas tinggi guna menuntun jalan bagi para konsultan internal maupun eksternal dalam melakukan pengembangan organisasi untuk menambah nilai mana yang paling dibutuhkan. Pada masa yang lalu pengembangan orgnisasi merupakan bidang atau fungsi yang sering kurang diakui oleh para eksekutif sebagai sumber untuk meningkatkan kinerja organisasi. Dewasa ini, para profesional dalam bidang pengembangan organisasi dapat membantu para eksekutif dalam mengayunkan langkah mereka untuk menghadapi tantangan bisnis yang lebih berat dengan sikap yang lebih tangguh. Para profesional dalam bidang pengembangan organisasi dapat membantu semua pemangku kepentingan (stake-holders) agar memiliki pemahaman dasar tentang teori pengembangan organisasi terlebih dahulu, untuk kemudian dapat lebih fokus pada pengembangan kompetensi inti kepemimpinan. Pada saat yang sama, para praktisi pengembangan organisasi dapat membantu pimpinan lini untuk mengenali keterkaitan antara individu, para pemimpin organisasi dan masyarakat, serta
mengevaluasi nilai inti yang dianut benar-benar dapat dijadikan kompas yang selaras dengan perilaku dan tindakan organisasi secara keseluruhan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close