People Innovation Excellence

Dinamika Pengembangan Organisasi [Bagian 7]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Begitu juga para praktisi pengembangan organisasi dapat membantu para eksekutif untuk berfikir secara sistemik, yaitu agar memahami bahwa setiap organisasi , tidak terkecuali apakah dalam skala besar atau skala kecil, adalah merupakan suatu kesatuan dalam sistem yang terintegrasi. Maksudnya adalah bahwa suatu organisasi merupakan organ yang saling berhubungan, dan adanya suatu perubahan dalam suatu area sering berdampak pada area lain dari keseluruhan sistem. Dengan demikian langkah-langkah organisasi dalam memperbaiki situasi dapat berorientasi pada sistem sebagai suatu keseluruhan. Para praktisi pengembangan organisasi juga dapat mengidentifikasi dan memanfaatkan praktik terbaik dan merumuskan proses pemikiran strategik tentang masa depan, sehingga di tengah-tengah perubahan masih memiliki fokus dan arah yang akan dicapai. Para praktisi pengembangan organisasi juga dapat memfasilitasi proses penyelarasan nilai-nilai inti, visi,misi dan tujuan organisasi, dan ambisi yang realistik tentang tujuan strategik dan tujuan lini organisasi di seluruh organisasi. Selain itu, para praktisi pengembangan organisasi dapat menawarkan langkah-langkah lebih lanjut dan pelayanan pembinaan yang menyediakan perencanaan berkelanjutan dan mekanisme evaluasi untuk mendukung keselarasan dan akuntabilitas. Pada akhirnya para praktisi pengembangan organisasi dapat membantu para pemimpin untuk mengembangkan keterampilan dan kompetensi serta memupuk budaya kerjasama antar-organisasi dan hubungan lintas sektor untuk mengatasi beberapa masalah yang paling krusial dan kritikal.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close