People Innovation Excellence

Management Excellence [Bagian 3]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Untuk bersaing dalam era keunggulan operasional, maka suatu proses bisnis perlu didefinisikan dengan baik. Ketika diminta untuk mendefinisikan proses manajemen mereka, para manajer biasanya lebih memilih diam ketimbang memberi penjelasan atau menyibukkan diri dengan kegiatan parsial, seperti proses anggaran, pelaporan keuangan, manajemen sumber daya, dan analisis varians. Mereka adakalanya lebih menyukai model tradisional seperti PDCA – berupa siklus Plan, Do , Check and Adjust – yang sering juga disebut sebagai perencanaan dan pengendalian siklus, atau siklus manajemen. Namun model ini masih lebih menitik-beratkan pendekatan kedalam (internal) ketimbang keluar organisasi (eksternal). Berbeda dengan kerangka strategi untuk sukses atau strategy -to- success, yang lebih menawarkan suatu proses dimana organisasi dapat mencapai kualitas management excellence. Strategi ini merupakan perpanjangan dari konsep Porter yang mendefinisikan rantai nilai organisasi di seluruh proses bisnis, dan kerangka tersebut memperluas lingkup manajemen kinerja yang meliputi lingkungan stakeholders, model pasar dan model bisnis. Management Excellence ini memiliki siklus enam langkah, dimana output dari langkah yang satu dapat menjadi input untuk langkah selanjutnya: pertama, memahami lingkungan stakeholders, kedua, memindai pasar, ketiga, memformulasikan strategi tentang model bisnis, keempat, mengelola rencana bisnis, kelima, menjalankan operasi bisnis, dan keenam, memberikan umpan balik terhadap semua tingkatan dengan mengukur hasil bisnis.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close