People Innovation Excellence

Management Excellence [Bagian 5/Selesai]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Setiap kali organisasi hendak memanfaatkan siklus manajemen strategy -to – succsess , maka organisasi tersebut perlu belajar dari pengalaman, sehingga suatu umpan balik dapat melengkapi proses tersebut. Oleh karena itu, setiap organisasi perlu menetapkan indikator kinerja pada setiap langkah dan framework-nya. Manajemen operasional membutuhkan informasi secara real-time, yaitu suatu perencanaan bisnis perlu menggunakan analisis varian kinerja, dan suatu strategi bisnis membutuhkan umpan balik tentang kemajuan dan tentang pasar secara keseluruhan. Jika management excellence adalah tujuan dan strategy – to – success adalah proses suatu organisasi dalam mencapai tujuan tersebut. Sebagian besar kegiatan manajemen yang terkait dengan hal tersebut sudah ada dalam organisasi, masalahnya adalah bahwa mereka sering menjadi terkotak-kotak. Enterprise Performance Management (EPM) mampu menghubungkan kegiatan pengelolaan dengan memperluas komponen kunci dari manajemen kinerja tradisional secara strategik, dengan menyatukan strategi modulasi dan eksekusi strategi. EPM perlu diterapkan di seluruh organisasi sebagai landasan untuk mendukung pengambilan keputusan strategik, sehingga daya jangkaunya tidak sekedar memberikan informasi terhadap manajemen internal semata, lebih dari itu informasi yang tersedia harus mendukung pemangku kepentingan, dan hal ini mencakup juga informasi bidang operasi serta keuangan. Disamping itu, setiap langkah dalam rangka strategy – to – success harus dijalankan oleh manajer yang memiliki pengetahuan mendalam tentang semua langkah pada waktu yang sama. Suatu strategi akan terimplementasikan dengan baik bergantung pada kualitas umpan balik yang dihasilkannya. Dan suatu organisasi hanya mencapai hasil yang baik manakala mereka mampu melaksanakan enam langkah diatas secara berurutan. Dengan demikian, suatu bisnis yang ditunjang oleh orang yang tepat, dengan informasi yang tepat, dan pada waktu yang tepat pula, dapat menentukan keuntungan kinerja yang dramatik. Dan hal tersebut dapat terjadi hanya dengan komitmen terhadap management excellence yang mampu mendorong perubahan besar itu. Management excellence dapat menyentuh setiap jenjang dari organisasi, mulai dari dewan eksekutif sampai kepada pekerja paling junior dari angkatan kerja yang dimiliki. Setiap orang memiliki bagian untuk bermain dalam membantu organisasi berhasil memenuhi tujuannya. Dengan kerangka manajemen strategy – to – success dibarengi oleh solusi dan/atau resolusi melalui Enterprise Performance Management (EPM) di seluruh jenjang organisasi, maka manajemen di setiap jenjang organisasi tersebut masing-masing dapat mengatur diri mereka sendiri untuk mencapai suatu kemenangan telak dan paripurna.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close