People Innovation Excellence

Studi Banding Lab. Management ke ITB

Pada tanggal 18 September 2013, Bpk Haryadi S. selaku perwakilan dari pihak School of Business Management Binus University dan Yuli Eni, Lily, Wirawan, dan Giovanni selaku perwakilan dari Management Laboratory Binus University, mendapat kesempatan untuk melakukan studi banding ke Institut Teknologi Bandung (ITB). Study Banding ini bertujuan untuk menggali pengetahuan dari ITB terutama dari School of Business Management yang ada di ITB tentang pengajaran di dalam lab-nya, software yang digunakan, pengajaran yang dilakukan, dan banyak hal yang dapat kami pelajari disana.

1 2

 Di ITB Kami disambut oleh Bapak Pri selaku director SBM ITB dan ditemani oleh kedua dosen yaitu Bapak Akbar , dan Ibu Yuanita, pertama kami mendapat penjelasan dari Pak Pri bagaimana sejarah SoBM ITB dibuat oleh senior-senior dosen dari latar belakang teknik Industri dan tentang kegiatan dan kelompok keahlian yang terdiri dari Manajemen Insani dan Pengetahuan, Manajemen Operasi dan Kinerja, Strategi Bisnis dan Pemasaran, Risiko Bisnis dan Keuangan, Studi Kewirausahaan dan Manajemen Teknologi, Pengambilan Keputusan dan Negosiasi Stratejik. Dengan massa studi selama 9 (sembilan) semester yang selesai dalam 3 (tiga) tahun dengan total 144 SKS, di ITB dalam 1 tahun terdapat 3 semester dengan 2 semester regular dan 1 semester pendek yang bertujuan untuk mempercepat massa studi mereka.

Dalam segi laboratory dan penggunaan software ITB mengunakan beberapa software untuk peminatan masing-masing  seperti SPSS (Statistical Product and Service Solutions), Microsoft excel, dan beberapa software  finance. Untuk  Program SPSS sendiri akan  diberikan kepada mahasiswa/i semester akhir tetapi sebagai mata kuliah pilihan karena dari pihak ITB berpendapat bahwa tidak semua peminatan akan menggunakan SPSS. Sedangkan untuk program-program Finance digunakan oleh kelompok keahlian resiko bisnis dan keuangan. Dan Program Microsoft Excel digunakan oleh kelompok keahlian manajemen Operasi dan Kinerja terutama tool Solver  serta mengunakan buku  “Supply Chain Management” yang merupakan terbitan Pearson yang terdapat cara-cara mengunakan solver dan soal-soal latihan. Satu yang menarik yang bisa kami pelajari dalam lab ITB adalah sebelum mereka memulai praktikum, mereka dikumpulkan dalam satu ruangan dan dijelaskan teorinya, setelah dijelaskan teori mereka langsung mempraktekkan apa yang sudah diajarkan di dalam ruangan praktikum, dan dosen ITB selalu melakukan sit-in didalam lab tersebut, sehingga antara praktikum dan teori saling berkaitan erat. Sehingga apa yang disampaikan menjadi tepat sasaran.

Di ITB kami menemukan hal menarik, dalam gedung ITB yang terdiri dari 3 lantai dengan mahasiswa/i tahun pertama terdapat di lantai 1, tahun kedua terdapat di lantai 2, dan tahun ketiga terdapat di lantai 3. Untuk beberapa kegiatan ITB tidak jauh berbeda dengan Binus seperti di ITB terdapat pelajaran Business Game yang di Binus merupakan pelajaran entrepreneur. Selain itu ITB memiliki tahap-tahap untuk mengembangkan mahasiswa/inya  yang dimulai dengan mengembangkan softskill  dan memiliki pengalaman berinteraksi dengan masyarakat-masyarakat yang berguna untuk mengembangkan entrepreunerial skill  serta sampai mahasiswa/I mengerti tentang apa yang dibutuhkan untuk membuka suatu usaha sendiri baik itu dalam masalah finance, teamwork dan marketingnya.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close