People Innovation Excellence

Study Industri Kunjungan ke Pulau Pramuka

Ketika berbicara tentang keindahan alam maka tidak terlepas pada Pulau Seribu yang terdapat di Indonesia. Dimana pulau-pulau seribu juga merupakan salah satu tempat wisata yang sering di kunjungi orang-orang. Kali ini Lab Management mengadakan acara gathering asisten-asisten di salah satu pulau seribu yaitu Pulau Pramuka dengan tujuan memperat hubungan asisten. Acara tersebut diadakan pada tanggal 7 – 9 september 2013.

Pada acara gathering tersebut, 1Lab Management juga mengambil kesempatan itu untuk melakukan sharing knowledge yang dilakukan oleh Ibu Natalia dan Bapak Rudy Aryanto. Pada kesempatan sharing tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemampuan para asisten untuk menjadi seorang pengajar yang lebih baik ,bagaimana mengatasi masalah-masalah yang sering terjadi dalam proses mengajar,  dan bagaimana menjadi seorang pengajar yang dapat mengerti mahasiswa dan bagaimana cara menyalurkan ilmu kepada mahasiswa serta dapat berkomunikasi dengan sesama asisten secara baik.

Dalam acara gathering tersebut kami juga mengunjungi penangkaran penyu sisik yang ada di Pulau Pramuka. Penyu sisik merupakan penyu yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi sehingga sering diburu oleh orang-orang sehingga pada akhirnya dikembangbiakan dan dirawat dalam Pulau Pramuka yang dikepalai oleh Bapak Salim.

Untuk ikut menjaga kelestarian alam , Lab Management juga ikut serta melakukan penanaman bibit mangrove di pulau pramuka dan juga transplantasi terumbu karang. Mangrove merupakan salah satu ekosistem di daerah pasang surut di wilayah pesisir. Mangrove bermanfaat bagi perlindungan pulau dari abrasi, intrusi air laut dan angin. Kehadiran Mangrove sangat dibutuhkan untuk kehidupan biota laut baik sebagai rumah, tempat berlindung, bermain, sampai berkembang biak.

Dan Lab Management juga mengun2jungi penangkaran elang bondol. Dimana elang bondol yang dijadikan maskot Kota Metropolitan Jakarta rupanya tidak senasib dengan lambang maupun gambar yang tertempel pada bus-bus Transjakarta yang bebas melintasi berbagai wilayah Ibu Kota. Nasib elang bondol (Haliastur indus) bisa dikatakan mirip dengan saudaranya, elang jawa (Nisaetus bartelsi), yang populasinya makin menurun dan mengkhawatirkan akibat maraknya perburuan dan perdagangan ilegal. Harus ada upaya serius, termasuk pendanaan dari Pemerintah Provinsi DKI, agar elang bondol kelak tidak sekadar maskot yang wujudnya tidak pernah dilihat warganya sendiri. Karena itulah dibutuhkan peran serta masyarakat dan Pemerintah Provinsi dalam pelestarian elang bondol di habitatnya.

5

Jadi selain kegiatan sharing knowledge, para asisten juga disajikan berbagai paket kegiatan wisata alam seperti mengunjungi penangkaran penyu sisik, mempelajari penanaman pohon mangrove, mengunjungi rehabilitasi elang bondol, mempelajari transplantasi terumbu karang, dan mempelajari ekosistem biota laut. Dari berbagai kegiatan tersebut, kami belajar bagaimana pihak pengelola kepulauan seribu ( pulau pramuka) meningkatkan strategi pemasaran yaitu bagaimana dapat meningkatkan jumlah pengunjung atau melakukan wisata di pulau seribu tetapi dalam kegiatan kunjungan tersebut sekaligus dapat membantu melestarikan alam di pulau seribu. Dimana dengan memahami strategi tersebut dapat membantu kami lebih memahami mata kuliah 34sustainability management.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close