People Innovation Excellence

Kepemimpinan Akrobatik [Bagian 7/Selesai]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Para pemimpin saat ini menghadapi tantangan baru yang luar biasa dan harus belajar untuk berpikir secara berbeda tentang peran mereka dan bagaimana memenuhinya. Mereka mungkin memiliki kesempatan untuk mengubah dunia dengan cara yang belum pernah terbayangkan oleh para pendahulu mereka. Sebagai seorang memimpin dalam suatu zaman yang penuh dengan pergolakan, yang memerlukan kekuatan berfikir konvergen untuk membentuk dan memadukan kembali kekuatan organisasional mereka. Teknologi baru telah menciptakan industri baru dan telah melahirkan jaringan komunikasi dengan kecepatan menakjubkan, dan keadaan darurat global dapat terjadi kapan dan dimanapun. Perkembangan ini akan memiliki implikasi yang mendalam bagi organisasi dan orang-orang yang memimpinnya. Pengelolaan risiko akan jauh lebih kompleks, bukan hanya risiko pasar, akan tetapi juga resiko politik dan sosial-ekonomi.
Sains atau ilmu pengetahuan telah menciptakan sebuah dunia di mana individu dapat memainkan peran kolektif. Dua orang pemuda membuat Google. Seorang lagi telah menciptakan Facebook. Individu lain lagi telah menciptakan Apple. Mereka telah mengubah dunia tanpa partai politik, tentara atau kekayaan. Sebelumnya hampir tidak ada yang mengantisipasi hal ini. Begitu pula mereka sendiri tidak tahu implikasi apa yang akan terjadi sebagai hasil dari pikiran mereka, maka semua orang menjadi terkejut dan kemudian terhenyak bahwa telah datang dunia baru. Boleh jadi kita mungkin memiliki organisasi militer yang terkuat, akan tetapi tidak bisa menaklukkan ide, dan tidak bisa menaklukkan ilmu pengetahuan. Kerasnya tantangan kepemimpinan masa kini telah mendorong banyak pemimpin untuk terus mengasah kemampuan pribadinya dengan berbagai pelatihan, tak ubahnya seperti seorang atlet profesional: terus berjuang untuk mengelola energi dan membentengi karakter mereka. Mereka dituntut tidak hanya harus beradaptasi dengan perkembangan baru, akan tetapi juga melakukan terobosan-terobosan penting ditengah arus persaingan dan perubahan, dan diantara seni kepemimpinan yang
perlu dikembangkan adalah kepemimpinan paradoks, suatu seni kepemimpinan akrobatik dalam mencari titik keseimbangan, agar setiap piring yang ditopang oleh tongkat penyangga tetap berputar dinamik dan serempak dalam porosnya.
Last but not least, pada kesempatan kolom ini penulis mengucapkan selamat kepada Dekan FEB UNPAD atas terbentuknya tim kerja baru untuk menopang pencapaian keberhasilan visi, misi dan tujuan organisasionalnya dalam rangka mewujudkan peningkatan kinerja excelence di tengah persaingan dunia pendidikan tinggi saat ini, baik di tingkat lokal, regional dan bahkan global.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close