People Innovation Excellence

Gaya Kepemimpinan Asia dan Amerika [Bagian 1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dewasa ini kepemimpinan organisasi bisnis adalah inti dari pembangunan ekonomi di kawasan Asia termasuk Indonesia. Terdapat dua gaya kepemimpinan yang dominan, yaitu gaya kepemimpinan ala Amerika (barat) dan gaya kepemimpinan ala Asia (timur). Dari keduanya terdapat kesamaan dan perbedaan penting. Politik dan kontrol keluarga lebih sering terjadi pada gaya praktek bisnis Asia ketimbang di Amerika Serikat. Para CEO di Amerika Serikat cenderung lebih menyukai menggunakan salah satu dari lima gaya kepemimpinan yang sering kita bahas dalam kolom-kolom sebelumnya, yakni : direktif, partisipatif, pemberdayaan, karismatik, dan bahkan selebritis. Pertanyaannya disini adalah, gaya kepemimpinan bisnis manakah yang dianggap memiliki kemungkinan paling sukses di masa depan? Perkembangan ekonomi yang cepat di Asia dalam beberapa dekade terakhir ini adalah salah satu peristiwa paling penting dalam sejarah. Perkembangan ini berlanjut sampai hari ini dan diantisipasi akan terus berlanjut dengan pesat, kecuali jika Asia tergelincir oleh kemungkinan konflik internasional. Perbedaan gaya kepemimpinan muncul dari perbedaan antar budaya dan tahap perkembangan organisasi bisnis. Pada dasarnya organisasi menuntut peran lebih dari sekedar kepemimpinan semata. Dan hal tersebut belum umum dibahas dalam literatur dan diskusi bisnis, yakni membedakan antara kepemimpinan, manajemen, dan administrasi. Ketiga aspek tersebut sebenarnya sangat berbeda, dimana masing-masing aspek sangat berharga dan memiliki tempat tersendiri. Secara singkat, kepemimpinan adalah tentang visi dan misi masa depan dan kemampuan untuk membangkitkan energi orang lain untuk mencapai visi dan misi tersebut. Sementara manajemen adalah tentang bagaimana memperoleh hasil (result) dengan melakukan upaya-upaya secara efektif dan efisien sehingga keuntungan finansial atau surplus dapat diraih. Adapun administrasi adalah tentang aturan dan prosedur serta bagaimana hal tersebut dipatuhi atau tidak. Pemahaman terhadap perbedaan ini sangat penting sebagai landasan komunikasi yang jelas tentang bagaimana organisasi dijalankan – yang jika pembedaan ini tidak dibuat – kita semua tentu akan menjadi bingung.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close