People Innovation Excellence

Gaya Kepemimpinan Asia dan Amerika [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Sebagaimana tadi telah disinggung, bahwa menjalankan organisasi secara efektif dan efisien akan meliputi tigal hal utama, yakni:
 aktivitas kepemimpinan: yaitu berkaitan erat dengan merumuskan visi, misi dan membangkitkan energi para pekerja;
 aktivitas manajemen: yaitu berkaitan erat dengan produktivitas dan hasil (result); dan
 aktivitas administrasi: yaitu berkaitan erat dengan pembuatan aturan dan prosedur.
Sesuai dengan tema bahasan tadi, bahwa fokus kita saat ini akan lebih menyoroti masalah kepemimpinan: yaitu bagaimana seorang eksekutif menetapkan arah dan energi organisasi untuk mencapai tujuan. Dewasa ini teknik manajerial ala Amerika Serikat tengah menyebar luas dengan cepat melalui imitasi, adopsi, dan pendidikan MBA atau Magister Manajemen. Begitu juga teknik administrasi telah dipraktekkan secara umum di seluruh dunia pada dekade yang lalu. Dengan demikian perbedaan yang tersisa dewasa ini adalah diseputar tentang gaya kepemimpinan. Perbedaan gaya kepemimpinan lebih dilatar-belakangi oleh faktor perbedaan budaya, terutama berkaitan dengan masalah regenerasi estafeta kepemimpinan. Yang sering terjadi di negara-negara Asia adalah bagaimana estafeta tersebut dapat berlangsung mulus terhadap para sanak keluarga atau ‘putra-mahkota’. Sebetulnya hal demikian juga terjadi pada organisasi bisnis berskala besar di Amerika Serikat, yakni terbentuknya dinasti bisnis keluarga, namun hal tersebut lebih umum terjadi pada organisasi-organisasi bisnis di kawasan Asia. Yang umum di Amerika Serikat adalah organisasi bisnis yang dijalankan oleh para manajer profesional yang digantikan oleh para manajer profesional lainnya, baik sebagai akibat dari pemberhentian atau pergantian oleh dewan direksi. Dewasa ini, organisasi bisnis yang lebih maju memiliki program canggih untuk mengembangkan rotasi suksesi eksekutifnya di internal organisasi, dan memilih CEO berikutnya dari sumber internal tersebut. Para CEO ini didorong agar lebih unggul dalam lingkungan yang kompetitif untuk menjadi pemenang, dan mereka bersikeras bahwa uang tidak begitu penting lagi bagi mereka ketimbang pencapaian profesional. Jika suksesi di organisasi bisnis Asia biasanya diteruskan kepada pihak anggota keluarga atau ‘putra-mahkota’, namun pada organisasi bisnis berskala besar, seperti General Electric misalnya, mereka telah berhasil mengembangkan mesin bakat untuk pergantian CEO nya. Pada tingkat yang lebih signifikan, berbagai organisasi bisnis di Amerika Serikat telah lulus melampaui fase kepemimpinan keluarga dari para pendiri mereka dan beralih pada filosofi manajemen profesional yang modal kerjanya diperoleh dari pasar modal dan tidak diambil dari kekayaan keluarga lagi. Tentu saja kita belum begitu yakin bahwa organisasi bisnis berskala besar di Asia akan mengikuti jejak evolusi organisasi bisnis di Amerika Serikat. Faktor koneksi politik merupakan faktor yang sangat penting bagi para pemimpin bisnis di kawasan Asia, baik negara tersebut menganut faham demokrasi atau tidak, yang jelas hal tersebut merupakan karakteristik umum dari para eksekutif puncak di kawasan Asia bahwa koneksi tersebut memegang peranan penting bagi kelangsungan bisnis mereka. Tentu saja, pengecualian masih tetap ada di kalangan para eksekutif Amerika Serikat, bahwa jalinan politik yang mendalam masih dianggap penting
sebagai pintu masuk kesuksesan bisnis di Amerika Serikat, namun kasusnya tidak sebanyak seperti di kawasan Asia.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close