People Innovation Excellence

Gaya Kepemimpinan Asia dan Amerika [Bagian 5]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Berdasarkan hasil pengamatan yang seksama, terdapat sembilan kualitas kunci dalam diri seorang pemimpin yang sukses, tentunya tanpa mengenyampingkan faktor budaya, yakni: gairah, ketegasan, keyakinan, integritas, adaptasi, ketangguhan emosional, resonansi emosional, pengenalan diri dan kerendahan hati. Kepemimpinan dengan gairah emosional mungkin lebih umum terjadi di Amerika Serikat ketimbang di negara lain. Ketegasan merupakan ciri umum pada para eksekutif yang efektif di hampir semua negara. Akan tetapi, para eksekutif di Eropa dan Jepang adalah yang paling berorientasi pada konsensus , sementara para top eksekutif Cina dan Amerika Serikat mungkin lebih menyukai membuat keputusan pribadi dengan mengandalkan pada akuntabilitas mereka sendiri. Keyakinan merupakan ciri umum bagi semua top eksekutif di seluruh manca negara. Sementara integritas merupakan karakteristik yang kompleks dan sangat ditentukan oleh budaya nasional. Katakanlah apa yang dianggap jujur dalam satu budaya masyarakat, bangsa atau negara tertentu, maka akan dipersepsi berbeda oleh budaya di tempat lain, begitu juga sebaliknya sehingga nilai kejujuran ini menjadi bersifat sangat relatif dan lentur. Adaptasi adalah karakteristik yang biasa dijalankan oleh kepemimpinan Amerika Serikat pada umumnya. Namun hal tersebut kurang umum dan kurang dihargai di kawasan Asia dan Eropa. Sementara dewasa ini adaptasi sangat
dibutuhkan di mana-mana dengan laju yang cepat. Meskipun tidak semua ditunjukkan secara eksplisit, faktor ketangguhan emosional adalah hal umum yang dilakukan oleh hampir semua eksekutif puncak disemua belahan dunia. Resonansi emosional, adalah kemampuan untuk memahami dan menularkan motivasi terhadap orang lain secara efektif , dan hal ini menjadi penting dan disadari di Amerika Serikat dan Eropa pada saat ini. Di negara Asia yang standar hidupnya telah membaik, faktor tersebut juga telah menjadi hal penting. Para manajer profesional akan dituntut mengembangkan ketrampilan kepemimpinan yang lebih besar, dan para CEO harus bersaing untuk mendapatkan bakat manajerial yang mumpuni. Pengenalan diri adalah kebajikan yang penting pada kepemimpinan di Asia – hal ini kurang umum pada kepemimpinan di Amerika Serikat – namun merupakan salah satu kekuatan eksekutif di kawasan Asia. Kerendahan hati adalah sifat yang sangat jarang ditunjukkan oleh para CEO di Amerika Serikat, namun hal ini sering ditemukan pada para eksekutif di Asia.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close