People Innovation Excellence

Gaya Kepemimpinan Asia dan Amerika [Bagian 6/Selesai]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Gaya kepemimpinan saat ini berada diambang antara kepemimpinan Asia dan Amerika Serikat. NR Narayana Murthy dari Infosys dan Stan Shih dari Acer, keduanya dari India, adalah contoh yang baik. Mereka telah berhasil mengadopsi gaya kepemimpinan hampir seluruhnya dari Amerika Serikat (barat) dan telah berhasil dipraktekkan di Asia. Adanya perbedaan gaya kepemimpinan mencerminkan tahap perkembangan ekonomi dan bisnis di Asia. Sebagian organisasi bisnis di Asia giat mencari akses ke pasar modal pada pelbagai belahan dunia, dan mereka pun mencoba bergerak ke arah pendekatan manajemen profesional yang mirip dengan yang sekarang digunakan di Amerika Serikat. Sebagian organisasi bisnis di Asiapun mulai bergantung pada tenaga profesional dari segala bidang keahlian, dan memberikan berbagai pelayanan profesional telah dirasakan sangat penting dalam ekonomi Asia, begitu pula mereka mulai tetarik untuk mengurangi gaya kepemimpinan otokratik ke arah yang lebih partisipatif dan bahkan menggunakan pendelegasian dan pemberdayaan kepemimpinan yang semakin mengemuka. Agaknya gaya kepemimpinan di kawasan Asia pun pada akhirnya akan lebih menyerupai gaya kepemimpinan ala barat. Akan tetapi faktor perbedaan budaya, ekonomi dan geopolitik yang signifikan diantara negara-negara Asia dan Amerika Serikat (barat) akan tatap mewarnai suasana persaingan yang semakin tajam dan akan terus tumbuh. Kekuatan ekonomi akan mempertahankan fitur kekhasan (identitas) nasional masing-masing negara. Konvergensi dalam gaya kepemimpinan tidak menjamin adanya kesefahaman atau bahkan perdamaian yang kekal. Setiap negara harus terus bekerja untuk kemajuan ekonomi, bisnis dan perdamaian, dan hal tersebut tidak akan datang secara otomatis.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close