People Innovation Excellence

Perilaku Kepemimpinan Destruktif [Bagian 5]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Perilaku kepemimpinan yang menjerumuskan, menunjukkan perilaku yang kontra terhadap bawahan, seperti melakukan intimidasi, penghinaan, manipulasi, penipuan atau pelecehan, sekaligus melakukan perilaku kontra-organisasional
seperti kemangkiran, kelalaian, manipulasi atau pencurian. Munculnya perilaku yang menjerumuskan seperti demikian, bisa saja terjadi karena pemimpin tersebut tidak mampu beradaptasi dengan situasi baru atau tidak mampu mengembangkan keterampilan manajemen yang diperlukan, sehingga menjadi sensitif dan curiga terhadap orang lain, maka pada gilirannya gaya kepemimpinan yang dikembangkan menjadi intimidatif. Gaya kepemimpinan demikian bisa dibarengi oleh sikap yang dingin, menyendiri, sombong, mengkhianati kepercayaan, dan gagal untuk mendelegasikan tugas, wewenang dan tanggung jawab dan sekaligus mengalami kegagalan dalam membangun tim kerja. Lebih jauh lagi, para pemimpin tipe ini bisa terlalu ambisius, dengan terlalu memikirkan pekerjaan yang akan datang tanpa menyelesaikan pekerjaan saat ini terlebih dahulu, yaitu hanya sekedar untuk menyenangkan kalangan manajemen puncak, namun sebenarnya mereka gagal menjadi staf yang efektif, akibat ketidak-mampuannya dalam berpikir stratejik. Kegagalan para pemimpin untuk beradaptasi merupakan penyumbang utama bagi keterjerumusan mereka. Perubahan yang dibawa oleh seorang pemimpin baru, reorganisasi, pekerjaan yang berbeda mengharuskan manajer mampu untuk beradaptasi agar tetap sukses.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close