People Innovation Excellence

Kepemimpinan Strategik Dalam Organisasi [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dari perspektif kepemimpinan, pemikiran strategik adalah kompetensi kepemimpinan yang lebih dilandasi oleh filosofi organisasi daripada keterampilan teknikal organisasi. Dari sudut perspektif pemikiran strategik, perubahan dunia bisnis tidak selalu berjalan secara linear, sehingga organisasi beserta para pelaku yang terlibat di dalamnya harus bertindak dengan lebih gesit, fleksibel, cerdas dan bijaksana, karena para pemimpin perlu menyesuaikan rencana mereka dengan permasalahan yang muncul, bahkan ketika menghadapi situasi yang ambigue. Oleh karena itu Mintzberg telah mengidentifikasi berbagai kompetensi kepemimpinan yang berbeda yang perlu menjadi bagian dari aktivitas organisasi yang sukses, diantaranya adalah kemampuan berfikir sintesis yang melibatkan faktor intuisi dan kreativitas. Dengan demikian, hasil dari pemikiran strategik seyogyanya merupakan perspektif yang terintegrasi, dimana langkah perumusan strategi bukanlah suatu proses yang terisolasi. Artinya, langkah perumusan strategi adalah proses yang terjalin dengan semua hal yang dibutuhkan dalam pengelolaan suatu organisasi. Sehingga tepat jika Stacey ( 1992) memaknai pemikiran strategik sebagai “penggunaan analogi dan kesamaan kualitatif untuk mengembangkan ide-ide baru yang kreatif, sekaligus merancang suatu rangkaian tindakan atas dasar pembelajaran baru”, dalam perspektif holistik dan sirkuler (non-linier) dalam rangka menjawab tentang apa, mengapa dan bagaimana pendekatan strategik perlu dilakukan. Dalam perspektif holistik, artinya juga melibatkan pemahaman tentang motivasi manusia, nilai-nilai organisasi formal dan informal, budaya organisasi, serta hubungan intra dan antar organisasi. Dengan memahami interaksi sosial dalam perspektif organisasional, maka dapat diperoleh suatu gambaran yang lebih jelas tentang apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan dalam konteks berfikir strategik tersebut. Telah lama diasumsikan bahwa tugas perencanaan atau berfikir strategik merupakan fungsi, wewenang dan tanggung jawab kepemimpinan. Terutama kaitannya dengan tugas pemimpin dalam hal melakukan pengendalian, membimbing, dan membentuk lingkungan organisasional. Dalam perspektif pendekatan sistem, berfikir strategik sama artinya dengan berpikir tentang hasil dari suatu organisasi dalam kaitannya dengan berbagai unit yang melekat pada organisasi. Ada juga yang mengatakan bahwa perencanaan strategik bekerja pada lapisan kulit dan tulang, sementara pemikiran strategik bekerja pada lapisan jiwa organisasi. Berikut adalah lima pernyataan sebagai landasan berfikir strategik yang bertumpu pada pengalaman dan hasil penelitian saat ini, yakni:
• Menjadi seorang filsuf organisasi , bukan sebagai ahli teknik ;
• Memahami perencanaan strategik dan berpikir strategik;
• Mengenali nilai-nilai , dan bukan hanya tujuan organisasi semata; dan
 Memanfaatkan Informasi ketimbang hanya mengendalikannya.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close