People Innovation Excellence

Kepemimpinan Strategik Dalam Organisasi [Bagian 4]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Perencanaan strategik bagi mereka adalah tentang kendali, prediksi, analisis , dan pemograman. Para pemikir strategik, bagaimanapun, mengakui adanya keterampilan yang berbeda dan mendasar diseputar pemahaman, sintesis , dan independensi yang melekat pada para pelaku internal dan eksternal organisasi. Para pemikir strategik mampu mengambil pelajaran dan menyadari adanya kesalahan perencanaan tradisional, yakni:
• Pertama, adanya kesalahan prediksi , yaitu asumsi bahwa para pemikir strategik benar-benar dapat mengendalikan peristiwa melalui proses struktural-formal. Para pemikir strategik mengakui adanya kehidupan organisasi dan manajemen yang bersifat ambiguitas;
• Kedua, adanya kesalahan pandangan, yang mengasumsikan bahwa antara perencanaan dan tindakan dapat dipisahkan. Atau dengan kata lain, merencanakan sesuatu dapat terlepas dari pengalaman melakukannya. Suatu pemikiran strategik akan mengintegrasikan perencanaan dan kegiatan organisasi sedemikian rupa, mengingat keduanya saling memberi informasi satu dengan lainnya; dan
• Ketiga, adanya kesalahan formalisasi, yakni dengan menciptaan prosedur logik dan taktik, maka semua kegiatan organisasi secara rutin dapat mencapai hasil. Namun dalam pengalaman, adanya pengendalian formal tersebut lebih merupakan mimpi daripada kenyataan. Realitas mengatakan bahwa adanya keterbatasan analisis memainkan peran yang signifikan terhadap hasil yang dapat dicapai oleh suatu organisasi, khususnya karena adanya risiko yang terabaikan dan perencanaan yang tidak lengkap. Pemikiran strategik lebih membutuhkan cara berfikir sintesis ketimbang berfikir secara analisis semata, terutama memusatkan perhatian untuk memahami fungsi formal dan informal organisasi secara internal. Hal tersebut sangat diperlukan untuk membuka ruang fleksibilitas, inovasi, dan kreativitas agar organisasi tidak terjebak pada prosedur dan aktivitas yang rutin. Perbedaan antara perencanaan tradisional dan pemikiran strategik menjadi lebih mudah terlihat ketika kita mempertimbangkan kesalahan yang terletak pada pola pikir yang diperlukan untuk mengatasinya. Perencanaan strategik sangat bergantung pada konsep-konsep seperti visi dan misi, tujuan jangka pendek , menengah dan panjang, pengukuran kinerja, rencana aksi , dan taktik . Kesemuanya merupakan istilah penting bagi manajemen dan organisasi yang baik, namun sekaligus juga merupakan konsep yang mencerminkan banyaknya asumsi keliru yang sering ditemukan menjadi suatu kesalahan yang fatal dalam hal melakukan pengendalian, daya prediksi, prosedur dan analisis. Namun, bagaimanapun manajemen sebagai sarana organisasi menuntut asumsi-asumsi tersebut untuk memenuhi kontrol dan prediktabilitas. Inilah sehingga mengapa pemikiran strategik lebih terkait dengan aspek kepemimpinan dalam organisasi ketimbang sebagai kegiatan manajemen. Kepemimpinan terkait dengan masalah yang lebih holistik, atau suatu gagasan filosofis yang akan membantu kewenangan dan tanggung jawab organisasi dalam merespon semua permasalahan secara komprehensif.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close