People Innovation Excellence

Kepemimpinan Strategik Dalam Organisasi [Bagian 7]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Terdapat tiga ide utama yang dapat membantu para pemimpin agar mampu berpikir secara strategik, sehingga mereka dapat menemukan kenyamanan di tengah situasi ketidakpastian dan ambiguitas. Pertama, para pemimpin harus terbiasa dan pandai menempatkan diri mereka dalam situasi yang kontradiktif dan fluktuatif ketika mereka secara aktif terlibat dalam kehidupan organisasi. Kedua, para pemikir strategik memahami perlunya dilakukan suatu inovasi, namun sejalan dengan itu memahami pula bahwa inovasi dapat menciptakan benih-benih kejatuhan dirinya sendiri, terutama dalam menghadapi masa depan yang lebih kompetitif, yang
juga menuntut terobosan inovatif-kreatif. Sebagaimana dilema yang diungkapkan oleh seorang pakar manajemen bahwa sebuah organisasi harus rela ” berinovasi dengan cara yang mungkin akan merusak keberhasilan organisasi saat ini, sebelum inovasi baru dapat muncul “. Secara implisit konsep ini ingin mengemukakan ide dasar bahwa keseimbangan organisasi – sebagai tujuan akhir dari perencanaan – tidak mudah dicapai dalam dunia yang penuh dengan ketidak-pastian ini, terutama jika kemajuan dan pembangunan ingin diwujudkan. Ketiga, para pemikir strategik melihat bahwa semua perubahan yang terjadi adalah juga sebagai perubahan yang terjadi pada setiap pelaku dalam organisasi. Para pemimpin sebagai pemilik otoritas biasanya mahir melakukan perencanaan dan pelaksanaan rencana perubahan organisasi. Mereka memperoleh pemahaman tentang bagaimana orang dapat mengatasi perubahan dan tetap percaya diri serta nyaman menghadapi berbagai macam kemungkinan reaksi individual dan organisasional. Dengan berpikir strategik, para pemimpin dimungkinkan untuk mengatasi ketidakpastian dan masa transisi dari perubahan organisasi dan mampu membantu para pengikut melintasi masa transisi secara alami dan produktif.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close