People Innovation Excellence

Kepemimpinan Strategik Dalam Organisasi [Bagian 8/Selesai]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Last but not least, suatu efektivitas organisasi dapat dicapai jika kita tetap fokus pada kedua jenis ukuran yang lazim, yakni ukuran primer dan ukuran sekunder. Keduanya terkait satu dengan lainnya dalam mencapai suatu tujuan organisasional. Adanya suatu tujuan dalam organisasi mencerminkan akan adanya raison d’etre, yang kemudian dijelaskan dalam istilah komersial menjadi pangsa pasar,atau tingkat laba dan lain sebagainya. Sedangkan tujuan sekundernya adalah tentang bagaimana cara mencapai tujuan utama, yang sering difokuskan pada kriteria internal organisasi seperti tingkat kepuasan kerja, budaya organisasi yang kondusif dan komunikasi internal yang efektif. Dalam hal kepemimpinan, pencapaian hasil adalah primer dan alasan bagi dilakukannya perbaikan menyeluruh bagi efektivitas kinerja organisasional, baik pada tingkat puncak kepemimpinan organisasi maupun pada tingkat kepemimpinan subkelompok kecil organisasi. Suatu perbaikan adalah vital untuk membantu organisasi mencapai tujuan utamanya. Begitu pula hasil sekunder dari kepemimpinan yang efektif akan berdampak pada kepuasan bawahan, peningkatan motivasi, sikap positif, dan berbagai nilai-nilai lainnya sebagai intervensi yang mempengaruhi keberhasilan organisasi. Sebagaimana telah banyak dibahas dalam kolom sbelumnya, bahwa pendekatan terbaru terhadap konsep kepemimpinan dewasa ini lebih terfokus pada penilaian terhadap langkah-langkah sekunder dan bukan pada dampak atau penilaian hasil primer. Dalam hal ini perlu dibedakan antara hasil dan dampak. Hasil adalah perubahan yang terukur dalam organisasi, dan hal ini dapat berupa kinerja keuangan, misalnya berupa perubahan earning per share, kinerja komersial, berupa peningkatan persentase pangsa pasar, kinerja teknologi dan aspek-aspek sosial lainnya. Dampak adalah hasil pribadi dari kinerja kepemimpinan yang terukur. Seorang pemimpin yang efektif, menurut definisi, perlu menetapkan arah untuk perubahan (berfikir strategik), yang artinya bahwa keputusan pribadi mereka akan membuahkan dampak, baik secara langsung maupun tidak langsung pada pencapaian hasil yang diinginkan, baik berupa
keberhasilan maupun kegagalan, dan dalam hal inilah para pemimpin dengan kemampuan berfikir strategik dan berpengalaman sangat dicari dan diidamkan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close