People Innovation Excellence

Etika dan Teknostres Dalam Perilaku Organisasi Masa Kini (Bagian 2)

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Perdebatan etikal yang dihadapi kalangan bisnis  saat ini adalah pertanyaan diseputar apakah keputusan dan tindakan yang diambilnya sudah bersifat legal, adil, dan bermanfaat bagi para pekerja  sebagai pihak yang  mematuhi keputusan yang melekat pada organisasinya. Menentukan standar etika yang dapat diterapkan bagi  kehidupan kolektif dalam suatu kerjasama bukanlah tugas yang mudah, terutama jika para pengambil keputusan ingin dipandang bahwa  keputusannya bersifat adil, melegakan dan jujur​​. Tentu saja terdapat pengaruh sosial-budaya dan ekonomi serta etnik  yang  perlu dipertimbangkan. Oleh karena itu para pengambil keputusan pada organisasi bisnis saat ini dituntut untuk mengembangkan daya empatik, yaitu suatu kemampuan untuk membayangkan diri sendiri dalam situasi orang lain, sehingga keputusannya benar-benar dianggap etikal. Paling tidak memiliki kemampuan “empati kognitif ” yang secara signifikan  berkaitan langsung dengan evaluasi rasional  berbasis motif dan prinsip moral. Sejumlah penelitian telah dilakukan yang mengarah pada fakta bahwa perilaku atasan dan rekan-kerja memiliki pengaruh paling signifikan pada perilaku etik atau tidak etik, sehingga menjadi penting bahwa para pekerja dalam suatu organisasi  yang menempati posisi kepemimpinan merupakan orang pertama yang sebaiknya memberikan  contoh yang baik bagi  rekan kerja yang  lain untuk diteladani.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close