People Innovation Excellence

Etika dan Teknostres Dalam Perilaku Organisasi Masa Kini (Bagian 3)

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dari sisi kemajuan teknologi, agaknya sangat sedikit organisasi yang tidak menyadari  pentingnya pengaruh persaingan dalam kemajuan teknologi, yakni dengan teknologi baru suatu produk lama akan menjadi lebih baik, yang akan menyebabkan permintaan dan profitabilitas  dari produk lama menjadi menurun, sehingga tanpa memanfaatkan kemajuan teknologi baru suatu organisasi akan lenyap ditelan persaingan. Situasi ini telah menciptakan pedang bermata dua bagi banyak organisasi, bukan  hanya organisasi saja yang akan merasa tertekan , namun tekanan yang meluas akan terasa di seluruh lini organisasi sampai ke tingkat individual para pekerja. Mengikuti perubahan teknologi  saat ini bagaikan memakan  buah simalakama, yakni “ikuti atau mati “, sehingga hal ini membawa beban stres yang berat bagi organisasi. Padahal tingkat stres yang berat dalam  jangka waktu lama tidak menguntungkan bagi para pekerja, dan tentunya bagi organisasi secara keseluruhan. Stres dapat menyebabkan  segudang sindrom yang tidak hanya akan  mempengaruhi kesehatan mental para pekerja semata, akan tetapi juga dapat mempengaruhi kesehatan fisiknya. Tanggung jawab untuk mengurangi stres ini tidak hanya berada pada pundak para pekerja saja, akan tetapi jug berada dipundak para pimpinan organisasi. Guna  menghindari konsekuensi dari stres yang berkepanjangan yang akan berpengaruh juga pada penurunan produktivitas, kemangkiran yang meningkat, moral-hazard, dan meningkatnya tarif premi asuransi, maka organisasi harus melakukan segala sesuatu dalam kemampuannya untuk memastikan bahwa para pekerja telah  terlatih dan siap dengan teknologi baru sekaligus memiliki akses informasi yang luas tentang bagaimana  mengurangi  stres yang meningkat. Dengan cara ini, paling tidak suatu organisasi dapat menciptakan suasana yang kondusif bagi kebahagiaan, ketenangan, kegairahan dan tingkat dedikasi para  pekerja .


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close