People Innovation Excellence

Etika dan Teknostres Dalam Perilaku Organisasi Masa Kini (Bagian 4)

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Terdapat beberapa hal  yang tidak selalu berada dalam kendali organisasi, terutama menyangkut dampak  dari keputusan etik dan diterapkannya teknologi baru terhadap perilaku organisasi. Organisasi juga harus ikut memperhatikan dampak dari tekanan pekerjaan tersebut terhadap kehidupan keluarga para pekerja,  kepuasan pribadi, pertumbuhan, dan makna yang dianggap berharga bagi kehidupannya. Adalah penting bahwa organisasi menempatkan pemimpin  yang bertanggung jawab yang tidak hanya pandai dalam memberikan inspirasi, akan  tetapi juga pandai dalam hal memberikan contoh. Sangat penting juga disadari oleh organisasi bahwa para pekerjanya  bukanlah mahluk tanpa wajah, benda mati yang hanya merupakan bagian saja dari mesin, mereka adalah manusia hidup yang memiliki makna dan nilai kehidupan, yang kesemuanya tidak boleh terancam oleh suatu perubahan apapun. Sekelompok orang bisa menjadi tim berkinerja tinggi, apabila secara individual mereka dihargai dan mendapat apresiasi dengan baik. Dewasa ini, suatu tim kerja dapat terdiri dari beragam ras, budaya, jenis kelamin, etika, agama, kepribadian, dan perilaku. Setiap anggota tim dapat  mengkolaborasikan keterampilan mereka untuk mencapai tujuan bersama, dimana tugas tim berkinerja tinggi memiliki nilai-nilai inti, tujuan kinerja yang jelas,  keterampilan yang tepat, dan beragam kreativitas. Suatu sistem terbuka, faktor input tim kerja, dinamika kelompok, dan dinamika antar kelompok merupakan  sumber yang dapat membantu tim kerja untuk menjadi tim yang berkinerja tinggi. Suatu tim yang berkinerja tinggi dapat mencapai produktivitas yang lebih efektif dan efisien ketika mereka berkolaborasi dalam suatu sistem yang terbuka. Sistem terbuka yang demikian akan  memungkinkan semua anggota tim untuk meningkatkan kreativitas mereka bagi keberhasilan tim kerja. Dalam sistem yang terbuka, masukan terhadap tim kerja muncul dari brainstorming, dan munculnya ide-ide dari anggota tim kerja untuk menyelesaikan dan menyempurnakan tugas. Dinamika kelompok  merupakan  salah satu cara   bagi para anggota tim kerja untuk  berinteraksi dan mendapatkan penyelesaian tugas dengan sukses. Dinamika antar kelompok adalah energi dan keterampilan dalam setiap individu yang membantu tim kerja dapat berfungsi sebagai sebuah tim yang solid.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close