People Innovation Excellence

Etika dan Teknostres Dalam Perilaku Organisasi Masa Kini (Bagian 6)

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Terdapat lima tahap perkembangan kelompok, tahap pertama adalah tahap awal pembentukan tim kerja, yang merupakan tahap dimana masing-masing orang  memiliki masalah dan datang bersama-sama serta beradaptasi dengan membawa perilaku masing-masing. Pada tahap pembentukan, suatu tim kerja akan mengalami masalah dalam mengelola masing-masing individu yang baru masuk menjadi anggota tim. Tahap kedua adalah tahap “badai”, dimana  konflik terjadi diantara anggota tim kerja, dalam hal ini  suatu tim kerja  memiliki masalah yang berhubungan dengan keberagaman perilaku. Pada tahap “badai” ini, suatu tim kerja  memiliki masalah dalam hal mengelola ekspektasi dan status dari para anggota tim. Tahap ketiga adalah tahap pembentukan norma, yang sering juga disebut sebagai tahap kolaborasi di mana para anggota tim mulai bersedia bekerja sama dalam suatu kesatuan sebagai sebuah tim kerja. Pada tahap awal pembentukan norma, suatu tim kerja akan mengalami masalah berkenaan dengan mengelola pola hubungan dan tugas  anggota tim kerja. Tahap keempat adalah tahap performasi,  dimana para anggota tim kerja bergabung bersama-sama  dalam suatu tim yang  berfungsi sebagai tim kerja yang produktif. Pada tahap integrasi performasi secara keseluruhan, suatu tim kerja akan  menemukan masalah pengelolaan perbaikan dan pembaharuan diri yang  terus-menerus. Tahap kelima, adalah tahap “bebas tugas” dimana  tugas tim kerja perlu disempurnakan dan anggota tim kerja bersedia untuk bekerja sama di masa depan. Pada tahap “bebas tugas”, tim kerja biasanya mengalami masalah pengelolaan penyelesaian tugas pada saat  proses berakhirnya tugas suatu tim kerja.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close