People Innovation Excellence

Etika dan Teknostres Dalam Perilaku Organisasi Masa Kini (Bagian 9)

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dengan demikian para pemimpin seyogyanya tetap peduli tentang bagaimana etika mempengaruhi proses pengambilan keputusan dan bagaimana stres yang berhubungan dengan pekerjaan dapat dipengaruhi oleh teknologi . Etika dalam bisnis bukanlah masalah baru. Pada tahun 1550, Charles V dari Spanyol sempat merenungkan tentang  status penduduk pribumi yang ditemukan di “dunia baru” . Pertanyaan yang menggelitiknya adalah, haruskah para penduduk pribumi tersebut diberi status  budak atau status yang lebih tinggi ?  Dewasa ini, organisasi  masih dipengaruhi oleh etika dan kebutuhan untuk menyadari harapan etik, dan konsekuensi bahwa kurangnya etika dapat menyebabkan kemerosotan moral dalam dunia bisnis. Keprihatinan lain bagi para pemimpin  adalah bagaimana teknologi dapat menimbulkan stres dalam pekerjaan yang dikenal sebagai technostress. Kedua faktor tersebut – yakni etika dan teknologi –  merupakan faktor dominan yang dapat mempengaruhi perilaku para pekerja, manajer, pelanggan dan karenanya akan berdampak pada bagaimana organisasi beroperasi, meraup keuntungan, tepat waktu, dan mencapai tujuan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close