People Innovation Excellence

Berpikir Strategik Dalam Perubahahan Organisasional [Bagian 1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Berpikir strategik merupakan langkah pengumpulan, penginterpretasian, dan evaluasi sejumlah informasi atau  gagasan dalam rangka meraih keunggulan bersaing organisasi secara berkelanjutan. Dengan demikian, dalam berfikir strategik terkandung pula langkah tentang bagaimana mengidentifikasi masalah, menemukan koneksi,  pola dan sintesis informasi. Dalam berfikir sintesis para manajer dapat melibatkan segenap kemampuan  daya imajinasi, intuisi, penilaian, dan kreativitas. Berfikir strategik juga mengandung arti tentang bagaimana para manajer memandang suatu tren, mengidentifikasi tentang peluang dan ancaman terhadap organisasi, dan memilih respon tentang bagaimana agar organisasi dapat mengambil keuntungan dari kesempatan potensial sekaligus mengurangi suatu ancaman. Kemampuan para manajer dalam  melakukan langkah tersebut dengan  lebih cepat dan lebih efektif – ketimbang yang dilakukan para pesaingnya – akan memungkinkan suatu organisasi memiliki keunggulan bersaing. Pertanyaan yang muncul kemudian adalah, mengapa berfikir strategik menjadi sedemikian penting? Jawabannya, karena perubahan dewasa ini telah menjadi suatu hal yang konstan, sementara pola dari perubahan tersebut  seringkali mengikuti alur yang non-linear bahkan sirkuler. Suatu perubahan linear mungkin lebih mudah untuk diprediksi karena mengikuti pola sebab-akibat dengan alur hubungan logik yang teratur dan berurutan, sementara perubahan non-linear sering ditandai oleh sifat  kejutan, dadakan dan ketidakpastian.  Serangan teroris tanggal  11 september ke gedung WTC beberapa tahun yang lalu, sering dianggap sebagai pemicu  perubahan non-linear yang memiliki dampak besar pada setiap aspek kehidupan di Amerika Serikat. Oleh karena itu, seorang pakar ternama, T. Irene Sanders menggunakan metafora untuk perubahan yang mendadak tersebut sebagai butterfly effect, yaitu bahwa suatu perubahan yang terjadi dalam sistem yang kecil dapat berdampak pada sistem yang lebih besar. Penemuan internet adalah suatu contoh lain, betapa sebuah sistem kecil  berdampak besar pada bisnis dan komunikasi global.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close