People Innovation Excellence

Berpikir Strategik Dalam Perubahahan Organisasional [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Atas dasar hal tersebut, maka berfikir strategik  adalah merupakan proses belajar yang harus berlangsung terus-menerus, bukan aktivitas belajar yang bersifat episodik. Dalam hal ini, para pelaku bisnis senantiasa  selalu perlu bersikap waspada terhadap rintangan di depan. Peningkatan status siaga akan ikut ditentukan oleh peringatan yang muncul dari pemberitaan, kolumnis-bisnis, jurnal perdagangan, jaringan sosial, dan sumber informasi lain tentang sejumlah tren yang muncul. Kecenderungan atau tren  umumnya terjadi ditentukan oleh salah satu perubahan dari  lima bidang, yakni: bidang sosiologis, teknologi, lingkungan, ekonomi, atau politik. Pada sisi yang lain,  suatu perencanaan strategik perlu juga dilakukan, yang merupakan rencana untuk menutup kesenjangan antara kondisi atau posisi real sebuah organisasi dengan kebutuhan yang  perlu dikembangkan di masa depan. Tujuan dari perencanaan strategik adalah untuk meningkatkan kemungkinan yang paling besar guna mencapai hasil yang diinginkan. Terdapat sejumlah manfaat dari perencanaan strategik yang memungkinkan organisasi dapat mencapai tujuannya, yakni:

  • Mempersiapkan strategi secara kontinjensial;
  • Mengembangkan kerangka kerja bagi pertumbuhan dan kemajuan secara tertib dan teratur; dan
  • Dimilikinya strategi alokasi dan/atau relokasi sumber daya.

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close