People Innovation Excellence

Berpikir Strategik Dalam Perubahahan Organisasional [Bagian 4]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dalam kasus sebenarnya, para manajer tersebut tentunya akan menempuh lebih banyak upaya dan jalan untuk meningkatkan daya berfikir dan perencanaan strategik mereka. Sebagaimana diungkapkan oleh para pakar di bidang perencanaan strategik, bahwa “dewasa ini tengah terjadi perubahan yang eksponensial, sebagai lawan dari perubahan linear, dimana setiap manajer kerapkali dituntut bersikap sangat cair untuk dapat menyesuaikan diri lebih cepat.” Oleh karena itu, para manajer perlu memiliki kepandaian dalam mengidentifikasi dua atau tiga faktor kunci bagi keberhasilan  organisasi mereka, sehingga pemikiran strategik mereka memiliki pijakan yang jelas. Hal yang sering dilakukan oleh para manajer adalah dengan mengembangkan daftar kekuatan dan kelemahan yang menjadi faktor kunci bagi keberhasilan internal organisasi. Tentu saja para manajer perlu meluangkan waktu untuk menguji dan memantapkan diri bahwa  pemikiran strategik yang dipilih adalah  yang paling efektif. Dalam diskusi dengan suatu tim manajemen, seringkali didengar keluhan bahwa “tidak tahu lagi kemana arah angin akan berhembus.”, suatu situasi dimana para manajer mengalami kekaburan dan kebingungan tentang arah. Demikian pula sebaliknya, dengan berfikir strategik para manajer akan terbantu mendapatkan kejelasan tentang di mana posisi mereka berada dan kemana  mereka harus menakhodai perahu mereka dengan laju yang cepat,  melalui usaha yang efisien. Salah satu alat penting dalam proses pemikiran strategik adalah seni mengajukan pertanyaan. Dengan seni mengajukan pertanyaan kritikal para manajer akan tercerahkan dan dapat bekerja dengan efektif, yakni:

  1. Dapatkan rekan yang sepadan  untuk membangun diskusi yang kritikal;
  2. Menghapus sekat yang dianggap dapat menghalangi munculnya temuan, kreativitas, dan inovasi;
  3. Tentukan ke arah mana kita ingin pergi sambil menyadari  di mana kita berada sekarang; dan
  4. Proses pengajuan pertanyaan  akan memberikan kesempatan yang baik bagi para pekerja, para pelanggan atau tokoh masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya untuk terlibat. Pertanyaan yang diajukan dapat berkisar diseputar:
    1. Tentang tren apa yang mereka lihat dan bagaimana hal tersebut akan berdampak terhadap organisasi dalam beberapa tahun ke depan?
    2. Hal apa yang akan dilakukan oleh organisasi pesaing yang memiliki faktor-faktor keberhasilan yang sama?
    3. Apa ancaman potensial eksternal yang  dapat mempengaruhi organisasi mereka?

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close