People Innovation Excellence

Berpikir Strategik Dalam Perubahahan Organisasional [Bagian 5]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Proses yang  melibatkan berbagai tim kerja internal organisasi tersebut juga membahas pilihan visi bagi masa depan. Manfaat yang melibatkan para pekerja dan stakeholders ini adalah bahwa mereka akan  mendukung apa yang mereka ikut terlibat di dalamnya.  Para manajer yang melibatkan berbagai fihak yang terkait dengan proses ini, pada dasarnya tengah membangun komitmen untuk perubahan. Sebagai arranger, para manajer pada dasarnya tengah  menetapkan nada dan irama perubahan itu sendiri. Artinya,  seorang manajer yang terbuka dengan pemikiran strategik akan memberi ruang terhadap orang lain untuk berpartisipasi agar mendapatkan masukan yang kaya. Namun, jika dalam berpikir strategik ini yang dikembangkan adalah model tertutup, sangat kecil kemungkinan terjadinya partisipasi di tingkat bawah organisasi.  Tentu saja, sangat berbahaya untuk membuat struktur organisasi dan proses keputusan  tanpa mengetahui apa yang pelanggan beli dari kita, artinya tidak mungkin seorang manajer tidak mengetahui produk yang dipasarkannya. Oleh karena itu, segala sesuatu yang  dibahas  sejauh ini adalah berfikir lintas fungsional, suatu prediksi tentang perubahan yang mempengaruhi banyak unit bisnis. Tidak  mungkin seorang manajer membuat keputusan strategik dalam satu bidang  tanpa melibatkan unit bisnis yang lain.  Jika divisi pemasaran yang tengah  bersaing pada pasar baru dengan menggaris-bawahi tentang pentingnya waktu pengiriman, namun  tidak memberitahu tentang alasan pentingnya ketepatan waktu pada bagian pengiriman, maka pada hakikatnya mereka tengah membawa organisasi pada kegagalan. Karenanya dalam kaidah berfikir strategik Jangan sampai membuat kesalahan yang sama. Pelajari lagi bahwa keputusan-keputusan yang ditempuh adalah bersifat strategik atau tidak. Hal ini akan membawa implikasi pada bagaimana melakukan keputusan  tentang struktur organisasi, proses keputusan lintas fungsional, dan keputusan tentang pemasaran. Tidak ada pendekatan strategik  tertentu yang lebih  penting – meskipun sejumlah  konsultan akan selalu menawarkan “kecap nomor satu” tentang strategi terbaik –  yang terpenting adalah belajar untuk berpikir pada tingkat strategik secara konsisten dan mengintegrasikan pemikiran strategik kedalam menjalankan kegiatan bisnis sehari-hari.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close