People Innovation Excellence

Berpikir Strategik Dalam Perubahahan Organisasional [Bagian 7]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Berikut ini adalah gambaran dari pengalaman penyelenggaraan  team building, yang hasil assesment-nya sangat berharga bagi pemikiran strategik di masa depan, yaitu:  jika dalam suatu tim kerja sebagian anggotanya  memiliki pikiran yang terbuka, rasa ingin tahu untuk bertanya, dan kesediaan untuk mensintesis berbagai informasi yang luas, maka tim kerja tersebut telah siap untuk melakukan pemikiran strategik. Keterbukaan yang dikombinasikan dengan pengalaman dan ketajaman intuisi akan memainkan peran penting dalam proses berfikir strategik. Namun demikian yang perlu diwaspadai adalah tirani kebutuhan mendesak yang  sering menjadi musuh dari pemikiran dan perencanaan strategik. Dalam arti, seorang manajer secara eksklusif senantiasa harus fokus pada masa depan, dan membiarkan orang lain untuk mengatasi dan menjalankan langkah operasional sehari-hari. Para manajer perlu didorong untuk menghabikan waktunya bagi  pemikiran strategik.  Hal demikian biasanya lebih mudah dilakukan dalam sesi lokakarya tim-building  atau simulasi perencanaan, akan tetapi sulit dilakukan dalam situasi dan kondisi  rapat  rutin yang sebenarnya. Mengajukan pertanyaan katalitik untuk merangsang pemikiran dan perdebatan adalah penting. Begitu juga menunjukkan sikap sinis dan  menantang asumsi pemikiran tradisional tidak kalah pentingnya juga. Suatu organisasi  misalnya, dapat mengembangkan sebuah papan buletin elektronik untuk mempromosikan dan merangsang diskusi kreatif, yang bertujuan untuk mempercepat bangkitnya ide, pertanyaan kritikal, dan  informasi timbal-balik.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close